Kominfo Sosialisasi SPBE di Lingkungan OPD Bangkalan

Kominfo Sosialisasi SPBE di Lingkungan OPD Bangkalan Suasana Sosialisasi Evaluasi Sistem Pelayanan Berbasis Internet (SPBE) 2018.

BANGKALAN,BANGSAONLINE.com - Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kabupaten menggelar Sosialisasi Evaluasi Sistem Pelayanan Berbasis Internet (SPBE) 2018. Acara ini digelar Kamis (19/7) di Aula Diponegoro Setda .

Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap publik serta efesiensi, Kominfo mengundang seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) Kabupaten untuk memaksimalkan pelayanan publik dengan satu atap yang berbasis E-Goverment yang saat ini berubah dengan Sistem Pelayanan Berbasis Internet (SPBE)

Menurut Kadis Kominfo Bambang Setiawan, dari total 61 OPD, baru 10 OPD yang terintegrasi ke Kominfo. Sedangkan 51 OPD yang belum terintegrasi. Justru ada sebagian OPD yang memiliki website secara pribadi, tapi belum terintegrasi.

"Ke depan, semua OPD harus sudah terintegrasi semua ke server Pemkab . Hal ini menyangkut keamanan, budgeting, dan tata kelola pemerintahan secara akuntabel dan terbuka," tegas Bambang Setiawan.

Masih menurut Kadis Kominfo, pihaknya tertinggal jauh seperti Banyuwangi dan Bojonegoro yang sudah mampu mendunia karena sistem tata kelola pemerintahannya. Mereka sudah memanfaatkan dan melaksanakan tata kelola pemerintahan dengan Sistem Berbasis Pelayanan Elektronik (SBPE)

Hal ini butuh komitmen bersama. Mulai dari kepala OPD sampai operator atau pelaksana. Selain itu, harus mulai berbenah diri dari setiap internal OPD di Lingkungan Pemkab .

“Regulasinya sudah ada. Infrastukturunya siap dan sumber daya manusia (SDM) juga sudah siap. Di Kominfo sudah ada tenaga ahli dan mahal bayarnya," tutur Bambang.

Target tahun ini, menurut Bambang, mampu memaksimalkan dan melaksanakan smart government. Segala kedinasan, baik surat-menyurat dan lainnya dapat dialihkan. Dari awal manual memakai kertas dan kurir, dirubah dengan secara elektronik. Hal ini bagian dari efisiensi yang lebih murah dan cepat.

“Sehingga pelayanan pemerintahan ke depan agar lebah baik, maju, akuntabel dan terbuka. Kita tinggalkan sistem pelayanan konvensional ke pelayanan modern yang berbasis teknologi interet," pungkanya. (uzi/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Semakin Ketat, Penyekatan Jembatan Suramadu Dilakukan di Dua Sisi ':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO