Bakar Sampah Sembarangan, Satu Kampung di Pacitan Nyaris Terbakar

Bakar Sampah Sembarangan, Satu Kampung di Pacitan Nyaris Terbakar Lokasi kebun yang terbakar.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kebakaran besar kembali terjadi di Pacitan, tepatnya di Dusun Dawung, Desa Widoro, Kecamatan Pacitan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Akan tetapi hampir seluruh pekarangan ludes menjadi abu.

Informasi yang dihimpun, kasus kebakaran itu dipicu kelalaian warga sekitar. Awalnya, Ichsanuddin pada Rabu (18/7) sekitar pukul 09.00 WIB membakar bambu dan sampah yang berserakan di kebun. Saat api sudah mulai menyala, ia kembali pulang tanpa memerhatikan kobaran api. Dalam waktu singkat, kobaran api kian membesar lantaran tiupan angin saat itu cukup kencang.

Tak pelak, api lantas menyambar semua tanaman di sekitar kebun hingga meluas ke pekarangan yang lokasinya berdekatan. Melihat kobaran api yang semakin besar, warga akhirnya berinisiatif untuk memanggil pemadam kebakaran. 

"Beruntung api bisa segera dipadamkan pada sore hari ini. Dua mobil pemadam kita turunkan agar api bisa segera terkendali. Kalau sampai telat, akan membahayakan warga sekitar. Sebab tak jauh dari lokasi kebun, berjejer perumahan penduduk," kata Bambang, Kabid Pemadam Kebakaran, Satpol PP Pemkab Pacitan, Rabu (18/7).

Meski api sudah berhasil dijinakkan, namun lokasi kebun masih sangat panas. Karena itu regu damkar masih melakukan upaya pendinginan. Sebab dikhawatirkan kalau sampai terinjak warga bakal membahayakan.

"Kami imbau masyarakat tidak membakar sampah sembarangan. Kalaupun melakukan pembakaran sampah, pastikan api padam dulu. Dan jangan sekali-kali meninggalkan lokasi sebelum api benar-benar padam," pesannya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO