Selasa, 21 Agustus 2018 12:59

Bakar Sampah Sembarangan, Satu Kampung di Pacitan Nyaris Terbakar

Kamis, 19 Juli 2018 00:32 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Bakar Sampah Sembarangan, Satu Kampung di Pacitan Nyaris Terbakar
Lokasi kebun yang terbakar.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Kebakaran besar kembali terjadi di Pacitan, tepatnya di Dusun Dawung, Desa Widoro, Kecamatan Pacitan. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah tersebut. Akan tetapi hampir seluruh pekarangan ludes menjadi abu.

Informasi yang dihimpun, kasus kebakaran itu dipicu kelalaian warga sekitar. Awalnya, Ichsanuddin pada Rabu (18/7) sekitar pukul 09.00 WIB membakar bambu dan sampah yang berserakan di kebun. Saat api sudah mulai menyala, ia kembali pulang tanpa memerhatikan kobaran api. Dalam waktu singkat, kobaran api kian membesar lantaran tiupan angin saat itu cukup kencang.

Tak pelak, api lantas menyambar semua tanaman di sekitar kebun hingga meluas ke pekarangan yang lokasinya berdekatan. Melihat kobaran api yang semakin besar, warga akhirnya berinisiatif untuk memanggil pemadam kebakaran. 

"Beruntung api bisa segera dipadamkan pada sore hari ini. Dua mobil pemadam kita turunkan agar api bisa segera terkendali. Kalau sampai telat, akan membahayakan warga sekitar. Sebab tak jauh dari lokasi kebun, berjejer perumahan penduduk," kata Bambang, Kabid Pemadam Kebakaran, Satpol PP Pemkab Pacitan, Rabu (18/7).

Meski api sudah berhasil dijinakkan, namun lokasi kebun masih sangat panas. Karena itu regu damkar masih melakukan upaya pendinginan. Sebab dikhawatirkan kalau sampai terinjak warga bakal membahayakan.

"Kami imbau masyarakat tidak membakar sampah sembarangan. Kalaupun melakukan pembakaran sampah, pastikan api padam dulu. Dan jangan sekali-kali meninggalkan lokasi sebelum api benar-benar padam," pesannya. (yun/ian)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...