Bupati Lamongan Wajibkan Pegawai Antar Anak di Hari Pertama Sekolah

Bupati Lamongan Wajibkan Pegawai Antar Anak di Hari Pertama Sekolah Bupati Fadeli dikerubuti para siswa saat sidak di TK/PAUD Al Fisyah, Senin (16/7).

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Senin (16/7) kemarin menjadi hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru setelah libur panjang. Periode ini menjadi sangat penting bagi anak untuk membangun kepercayaan diri, terutama bagi siswa yang baru pertama kali masuk sekolah.

Hal ini juga dipahami Bupati Lamongan Fadeli. Sehingga dia menganggap penting untuk melakukan sidak di hari pertama masuk sekolah.

Dia ingin memastikan, orang tua menyempatkan diri untuk mengantarkan anaknya bersekolah. Melalui sidak itu dia juga ingin melihat sendiri, kepedulian orang tua terhadap anak-anaknya.

“Alangkah baiknya kalau diantar oleh orang tua. Karena akan berkesan bagi anak, sehingga selain menjadikan anak senang sekolah, sekaligus juga menumbuhkan motivasi untuk anak-anak,” Ujar Bupati Fadeli.

Dikatakannya, kenapa ia meminta orang tua harus mengantarkan anaknya sampai masuk, alasannya supaya bisa berkomunikasi atau berinteraksi dengan guru. Juga memperkenalkan lingkungan sekolah kepada anaknya.

“Makanya kenapa saya menganjurkan supaya orang tua tidak melepas anaknya di hari pertama masuk sekolah. Tetapi orang tua tidak boleh ikut masuk dalam kelas. Kalau masuk, kapan anak bisa diajari oleh gurunya,” ucapnya.

Karena menurut dia, itu adalah bagian dari tanggung jawab pendidikan orang tua kepada anak. Di sisi lain, dengan orang tua mengenal lingkungan sekolah anaknya, itu menjadi bagian dari proses pendidikan karakter anak.

“Orang tua tidak boleh hanya memasrahkan pendidikan anaknya kepada guru. Mari kenali lingkungan pendidikan anak, sehingga orang tua juga menjadi bagian dari instrumen pendidikan anak,“ ujarnya saat di TK/PAUD Al Fisyah, Senin (16/7).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO