Kamladu Pacitan Imbau Nelayan Persiapkan Peralatan Keselamatan

Kamladu Pacitan Imbau Nelayan Persiapkan Peralatan Keselamatan Komandan Pos Kamladu Pacitan Pelda (Mes) Sugeng. foto: Yuniardi Sutondo/ bangsaonline.com

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pos Keamanan Laut Terpadu (Kamladu) Pacitan memberikan warning kepada semua nelayan agar lebih memperhatikan keselamatannya saat pergi melaut. Hal tersebut seiring masih berlangsungnya gelombang pasang dalam beberapa hari ke depan.

Komandan Pos Kamladu Pacitan Pelda (Mes) Sugeng mengatakan hal itu saat bertandang ke kantor Bupati Pacitan. Ia mengimbau agar semua nelayan lebih memperhatikan keselamatannya dari pada hasil ikan tangkapan. Sebab saat ini gelombang tinggi masih berlangsung di wilayah perairan Pacitan.

"Jangan hanya sekadar menangkap ikan, namun keselamatan jiwa terabaikan. Kita warning kepada para nelayan agar lebih waspada dan berhati-hati, mengingat masih tingginya gelombang laut dalam beberapa hari terakhir ini," ujar prajurit TNI yang baru empat hari ditugaskan di Pacitan ini, Selasa (10/7).

Senada dengan Sugeng, anggota Kamladu lainnya, Koptu Dwi Utomo, juga mengimbau agar sebelum turun melaut para nelayan terlebih dulu mempersiapkan semua kelengkapan keselamatan. Seperti pelampung, life jaket dan peralatan lain yang berhubungan dengan keselamatan.

"Kalau bisa sebelum gelombang tinggi reda, lebih baik mereka melempar sauh. Sebab, risikonya sangat tinggi. Akan tetapi apabila mereka tetap memaksa melaut, yang diperhatikan kelengkapan keselamatan. Jangan sampai lengah. Sebab itu, satu-satunya upaya preventif seandainya terjadi sesuatu hal saat berada di tengah lautan," pesannya. (yun/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO