Pemkab Bangkalan Gelar Upacara Harlah Pancasila

Pemkab Bangkalan Gelar Upacara Harlah Pancasila Hadir juga semua anggota Forpimda Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Karena hari lahir Pancasila jatuh hari Jumat, 1 Juni 2018, Pemerintah Kabupaten Bangkalan memperingatinya dengan menggelar upacara pada hari Senin (04/06/2018).

Peringatan lahirnya Pancasila mengambil tema “Kita Pancasila, bersatu berbagi, berprestasi, memperkokoh pemahaman Pancasila menumbuhkan kecerdasan rakyat."

Bertidak sebagai Inspektur upacara, Pj. Bupati Indra S. Ranuh. Sebagai perwira upacara, Kadis Kominfo Bambang Setiawan. Tampak hadir semua anggota Forpimda, seluruh OPD, dan jajaran karyawan Pemda Bangkalan.

"Atas nama Presiden Republik Indonesia menjelaskan bahwa Pancasila selama 73 sudah menjadi rumah kita, Pancasila sebagai pemersatu dalam keanekaragaman. Pancasila sudah terbukti mampu mempertahankan RI selama 73 tahun. Walau kita majmuk dengan berbagai suku, agama dan ras, kita bisa disatukan degan Pancasila dengan bingkai Bhineka Tunggal Ika," ujar Pj. Bupati Indra S. Ranuh dalam sambutannya.

“Tebukti selama 73 tahun bisa mempertahankan negara Republik Indonesia ini, dengan segala aneka macam cobaan dan ancaman dari mana-mana tapi kita tetap bersatu, pemersatu bangsa,” tegasnya.

Pj. Bupati Bangkalan Indra S Ranuh mengajak masyarakat di momentum di bulan suci ramadan ini, untuk memperkuat etos kebersamaan, dan kepedulian. “Mari mengamalkan Pancasila dalam keseharian,” tambahnya.

Menurut Indra, tanggal 1 Juni 2018 ini baru kali pertama menjadi hari libur nasional serta memperigati hari lahir Pancasila, sejak ditetapkan 1 Juni 2016 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 tahun 2016. (uzi/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO