Waspada Narkoba, 300 Pelajar Situbondo Dites Urine

Waspada Narkoba, 300 Pelajar Situbondo Dites Urine Petugas menunjukkan hasil tes urine pelajar di SMAN 1 Panarukan, Situbondo, Jumat (29/8). foto: hadi/Bangsa Online

SITUBONDO (bangsaonline) - Penyalahgunaan narkotika dan obat-obataan terlarang di kalangan pelajar di kian memprihatinkan. Meminimalisasi bahaya itu, SMA Negeri 1 Panarukan melakukan tes urine terhadap ratusan siswanya, Jumat (29/8).

Tes urine tersebut dilakukan di area sekolah. Menggandeng instansi terkait, urine 300 siswa dites secara acak oleh pihak sekolah. “Tes urine kepada siswa ini kami lakukan dalam rangka ingin membuktikan bahwa Panarukan bebas narkoba,” kata Farida Handayani, Humas SMA 1 Panarukan.

Menurutnya, pemilihan secara acak dilakukan karena keterbatasan dana. Sehingga, tidak semua siswa yang dites. “(Tes urine kepada siswa) memang sudah direncanakan jauh hari, kita ajukan dan dapat bantuan dana dari Direktorat Jendral Pendidikan. Tapi untuk dilakukan kepada seluruh siswa dananya tidak mencukupi,” papar Farida.

Informasinya, tes urine kepada 300 siswa ini dilaksanakan dalam tiga tahap. Tes kemarin adalah pelaksanaan tahap pertama dan melibatkan 45 siswa yang dipilih secara acak dari semua kelas. Tes urine tahap kedua akan dilaksanakan Senin (1/9) lusa.

Farida mengatakan, jika hasil tes urine menemukan siswa yang positif sebagai pengguna, maka pihaknya akan langsung memberhentikan siswa bersangkutan. “Kami punya tata tertib yang dibuat sendiri oleh siswa, dan dilaksanakan oleh siswa. Kalau ada yang terbukti menggunakan narkoba, sekolah akan langsung mengembalikan kepada orang tua. Tapi untuk narkoba jenis sabu,” pungkas perempuan berkerudung itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kejari Gunungkidul Musnahkan Belasan Barang Bukti Tindak Pidana':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO