SK KPU Pusat Turun, ​Dapil Pileg di Ngawi 2019 Resmi Berubah

SK KPU Pusat Turun, ​Dapil Pileg di Ngawi 2019 Resmi Berubah

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Surat Keputusan (SK) dari KPU Pusat yang mengatur tentang keberadaan daerah pemilihan (Dapil) untuk Pemilu 2019 di wilayah tertanggal 4 April 2018 telah turun. Dalam keputusan itu secara resmi ada perubahan untuk Dapil 1 dan Dapil 2 serta penomoran Dapil pun berganti.

Kepastian tersebut setelah KPU Pusat mengirimkan surat kepada KPU Kabupaten beberapa waktu lalu. Pada poinya surat keputusan tersebut jumlah Dapil masih tetap yakni 6 Dapil dari jumlah penduduk 899.495 jiwa. Demikian juga alokasi kursi di DPRD masih tetap seperti halnya Pemilu 2014 lalu yakni 45 kursi.

“Kepastian perubahan dapil dan nomornya sudah turun dari pusat. Jadi kami KPU di daerah secepatnya menyesuaikan dan mensosialisasikan,” terangKetua KPU Kabupaten  Samsyul Wathoni, Kamis (19/4).

Toni, sapaan akrabnya mengatakan, perubahan Dapil utamanya terjadi di Dapil 1 dan Dapil 2. Seperti sebelumnya Dapil 1 hanya terdiri 2 wilayah kecamatan antara Pitu dan Kota. 

Tapi kini ditambah Kecamatan Kasreman yang sebelumnya masuk area Dapil 2 bersama 5 wilayah kecamatan lainnya yakni Bringin, Karangjati, Kwadungan, Pangkur dan Padas.

Dampak lain pun berimbas pada jumlah alokasi kursi untuk Dapil 1. Dimana sebelumnya hanya 6 kursi kini menjadi 7 kursi. Hal itu juga berdampak pada penyusutan jumlah alokasi kursi di Dapil 2 yang sebelumnya ada 9 kursi kini tinggal 8 kursi. Perubahan lain sesuai keputusan KPU Pusat terjadi pada penomoran Dapil.

Untuk Dapil 4 (Paron-Kedunggalar) sekarang berubah menjadi Dapil 6. Perubahan itu terus menyesuaikan, Dapil 6 (Mantingan-Widodaren-Karanganyar) berubah menjadi Dapil 5. Dan terakhir untuk Dapil 5 (Jogorogo-Ngrambe-Sine) berubah menjadi Dapil 4.

“Dengan perubahan Dapil diharapkan persaingan parpol akan lebih dinamis lagi untuk mendulang jumlah kursi. Dinamikanya juga akan berubah,” tutur Toni. (nal/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO