Bupati Pacitan Lepas KKN Tematis Kampung KB STIKIP PGRI

Bupati Pacitan Lepas KKN Tematis Kampung KB STIKIP PGRI Bupati Indartato di sebuah kesempatan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pembangunan kependudukan memiliki peranan penting dalam mencapai tujuan pembangunan, utamanya dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Persoalan ini sejalan dengan visi-misi Kabupaten Pacitan yaitu maju dan sejahtera bersama rakyat.

Demikian disampaikan Bupati Pacitan Indartato saat memberikan sambutan di acara kunjungan kerja Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jatim dalam rangka pembinaan PKB dan PPKBD se-Kabupaten Pacitan, serta pelepasan KKN tematis kampung KB STIKIP PGRI, Rabu (18/4).

Menurut bupati, pembangunan kependudukan bertujuan melakukan pengendalian kuantitas penduduk sesuai aspek penting yang memang harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk menjamin tercapainya pertumbuhan penduduk yang seimbang.

"Jumlah penduduk yang besar dengan pertumbuhan cepat, kualitas rendah, penyebaran yang tidak merata akan menghambat tercapainya kondisi ideal antara kuantitas, mobilitas dan daya dukung lingkungan," jelas Indartato.

"Pembangunan harus dilakukan oleh penduduk dan untuk penduduk. Karena itu perencanaan pembangunan harus didasarkan pada kondisi penduduk dengan melibatkan partisipasi penduduk.

Pada kesempatan tersebut, Indartato memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas terbentuknya kampung KB di 12 kecamatan. Dengan begitu, diharapkan akan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sebagaimana diamanatkan UU 52/2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO