Goong Prada, Grup Tari Unesa yang Kerap Cetak Prestasi

Goong Prada, Grup Tari Unesa yang Kerap Cetak Prestasi Hmmm. foto: istimewa

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ada salah satu grup tari dari Jurusan Sendratasik yang mendominasi berbagai ajang lomba. Grup yang dibentuk sejak 2014 lalu oleh mahasiswa Jurusan S1 Sendratasik ini dikenal dengan nama Goong Prada.

Grup yang dibentuk atas inisiatif M Tri Ragel Alfan Fajar (22), atau akrab disapa Ragel ini pada awalnya didirikannya karena suka berorganisasi dan bersama teman-temannya ingin lebih berprestasi. Selain itu, pada awalnya mereka juga mengaku merasa kurang baik dalam menari untuk bergabung dalam komunitas-komunitas yang sudah ada. Maka, terbentuklah grup tari ini.

Sejak awal pembentukan, mereka juga sempat mengubah namanya. “Kita sempat ganti nama, awalnya Swastika Loka. Tapi, karena nama itu asal-asalan ngambilnya, tidak ada artinya, kita ganti menjadi Goong Prada, yang artinya suatu keemasan yang selalu ditunggu,” jelas Ragel mengenai alasan mereka mengubah nama grup tari ini.

Grup tari yang awalnya hanya terdiri dari 10 anggota ini, berkembang menjadi 27 orang sejak 2015 hingga saat ini. Meski dibuka untuk umum, hingga sekarang yang menjadi anggota masih selingkup mahasiswa S1 Sendratasik, khususnya konsentrasi tari.

Hingga usianya yang ke-4 pada tahun ini, grup ini banyak menyabet kemenangan di berbagai ajang lomba. Beberapa di antaranya adalah juara 1 lomba tari tingkat Jawa-Bali pada 2016, juara 1 dan 2 pada acara pernabas tahun 2017, juara 2 dan 3 di acara yang sama pada tahun 2018, dan juara 1 lomba tari tingkat Surabaya pada tahun ini, dan prestasi lainnya.

Bukan hanya hadir untuk mengikuti lomba, grup tari yang meresmikan nama mereka menjadi goongprada management ini, banyak diundang untuk mengisi acara-acara bergengsi. Seperti acara Hari Olahraga Nasional 2017, acara Lintas Budaya Jawa Timur, dan pada Mei nanti mereka juga akan mengisi sebuah acara Hari Jadi di Kalimantan.

Berbagai prestasi yang mereka capai pun, bukan berhasil tanpa usaha. Ragel mengaku dia dan timnya selalu berusaha perform semaksimal mungkin, latihan sebanyak mungkin dan tak mengenal kata menyerah. Bukan hanya untuk mengikuti lomba, dalam menari untuk mengisi kegiatan pun mereka tak pernah tampil setengah-setengah.

Sejauh ini, mereka menguasai berbagai jenis tari, di antaranya modern, kabaret, dan tradisi. Untuk menampilkan sebuah tari pun mereka bisa menghabiskan waktu hingga 1 bulan untuk latihan. Selain mengandalkan kerja keras, mereka juga mengutamakan kekompakan. Hal itu untuk mendukung perform mereka agar lebih maksimal.

Meski kelak ia dan teman se-timnya akan lulus, Ragel juga berharap bahwa kelak grup tari ini akan tetap berlanjut. Tentu dengan anggota yang tetap berkualitas, agar mampu mempertahankan dan meningkatkan prestasi mereka. Tetap harum namanya dan dikenal masyarakat luas.(*)

Sumber: *Fikma A

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO