Inovasi Petrokimia Gresik Dimanfaatkan Dunia

Inovasi Petrokimia Gresik Dimanfaatkan Dunia Aplikasi digital Petrokimia Gresik. Foto : SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Petro Balancing merupakan aplikasi digital pertama yang diciptakan untuk mempermudah dan mempersingkat waktu proses balancing mesin berputar di pabrik. Selama ini, prosesnya harus dikerjakan secara manual dan dihitung dengan menggunakan kertas grafik.

Aplikasi berbasis Android ini adalah hasil inovasi Insan PT (PG) yang telah mendapat pengakuan tingkat nasional dengan meraih Diamond di ajang Temu Karya Mutu & Produktivitas Nasional (TKMPN) 2017. 

Aplikasi yang sudah diunggah di Playstore tersebut telah dimanfaatkan user dari berbagai negara, seperti Inggris, Jepang, Belanda, Israel, Kanada, Brazil, Perancis, dan negara lainnya.

Kondisi unbalance akan menimbulkan vibrasi dalam sebuah peralatan pabrik yang berputar. Jika getarannya tinggi, maka pabrik harus dimatikan (unscheduled shutdown) untuk dilakukan proses balancing.

Proses ini akan membuat perusahaan kehilangan omzet. Untuk menekan kerugian tersebut, waktu pelaksanaan balancing perlu dioptimalkan. Karena itu, Petro Balancing ini diciptakan.

“Berangkat dari permasalahan yang ada di lapangan, sebelumnya proses balancing membutuhkan waktu yang lama, karena dikerjakan dengan cara manual dan menggunakan kertas grafik. Belum lagi kondisi di lapangan yang kotor, rentan sekali kertas grafik rusak.Pastinya akan mengganggu pekerjaan. Ini menimbulkan kesulitan tersendiri," ujar Dimas Aryo Budi salah satu inovator Petro Balancing saat ditemui di acara Konvensi Inovasi (KIPG) XXXII, Jumat (13/4).

Petro Balancing menggantikan peran kertas grafik. Perhitungan dilakukan aplikasi ini secara otomatis melalui ponsel Android.

User tinggal menginput data yang dibutuhkan. Penghitungan manual biasanya membutuhkan waktu antara dua jam sampai sehari, dengan aplikasi ini cukup satu jam saja selesai.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO