Minggu, 21 April 2019 02:07

Dugaan Pemerasan Terkait Kasus Narkoba, Empat Oknum Polisi di Surabaya Diperiksa Propam

Jumat, 13 April 2018 01:14 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Anatasia Novarina
Dugaan Pemerasan Terkait Kasus Narkoba, Empat Oknum Polisi di Surabaya Diperiksa Propam
Kasubag Humas Polrestabes AKP Cinthya Dewi saat memberikan penjelasan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Propam Polrestabes Surabaya mengamankan empat orang oknum polisi setelah dilaporkan warga atas tuduhan pemerasan terkait kasus narkoba.

"Kami telah mengamankan oknum petugas (kepolisian) di lapangan dilatarbelakangi oleh penangkapan kasus narkoba," terang AKP Cinthya Dewi, Kasubag Humas Polrestabes Surabaya, Kamis (12/4).

Namun pihaknya mengaku bahwa kasus yang diakui baru pertama kali terjadi di Polrestabes Surabaya tersebut, hanya sebatas pengakuan karena tidak ditemukan barang bukti material.

Sedangkan kabar yang berhembus sebelumnya, ditemukan barang bukti sejumlah uang setelah oknum tersebut meminta tebusan kepada keluarga tertuduh sebesar 25 juta rupiah. "Sampai sekarang kami belum menemukan barang bukti yang terkait dengan tuduhan tersebut," lanjutnya.

Keempat oknum polisi itu pun hanya berstatus terduga pelaku pemerasan yang diberi sanksi pelanggaran disiplin oleh Propam Polrestabes Surabaya.

"Apabila terbukti melakukan pelanggaran akan dikenai sanksi hukuman disiplin. Bentuknya macam-macam, ada teguran tertulis, pindah pangkat, dan tunda pendidikan hingga pemecatan," tegasnya.

Kasie Propam Polrestabes Surabaya Kompol Kuncoro pada kesempatan yang sama juga mengatakan bahwa pihaknya tidak pernah menangani kasus indisipliner petugas seperti pemerasan yang dilakukan oknum polisi kali ini. Tetapi, dirinya tak menampik jika beberapa anggota Polrestabes Surabaya pernah berurusan dengan Propam lantaran pelanggaran disiplin ringan.

"Selama ini memang nggak ada, karena yang kita utamakan adalah pencegahan. Selama 2017 ada sekitar 7, jadi memang pencegahan sebelum terjadi kita lakukan pencegahan preventif," tutupnya.

Kasus pemerasan yang diduga dilakukan empat orang oknum polisi dari dua Polsek yang berbeda yakni anggota Polsek Rungkut bernama Mustofa dan tiga anggota Polsek Pakal Soni, Teguh, dan Aris ini bermula saat mereka menangkap 'S' warga Surabaya atas tuduhan penyalahgunaan narkoba.

Bukannya di bawa ke markas, tertuduh 'S' ini justru dibawa ke daerah Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya. Disana tertuduh diminta mengakui perbuatan menyalahgunakan narkoba. Selama meminta pengakuan 'S', keempat oknum polisi tersebut diduga menganiayanya.

Tak mau mengaku, keempat oknum polisi memaksa 'S' menghubungi keluarga untuk meminta tebusan uang sebesar 25 juta rupiah jika ingin lepas. Tanpa sepengetahuan mereka, keluarga meminta bantuan Propam Polrestabes Surabaya.

Akhirnya, keempat oknum polisi itu terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) Propam Polrestabes Surabaya dengan barang bukti 4,9 juta rupiah. (ana/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Jumat, 19 April 2019 22:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesung...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...