Butuh Perubahan, Petani Tebu Siap Dukung Rizal Ramli Sebagai Capres 2019

Butuh Perubahan, Petani Tebu Siap Dukung Rizal Ramli Sebagai Capres 2019 Ekonom Rizal Ramli berdialog dengan pengurus dan petani tebu yang tergabung dalam APTRI di Jombang. foto: Rizal Ramli for BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Melemahnya perekonomian nasional saat ini, ditambah dengan terbuka lebarnya kran impor membuat petani tebu kecewa dengan pemerintahan saat ini. Kebijakan pemerintah yang dinilai pro neo liberal itu membuat rakyat kecil termasuk petani tebu kecewa. Mereka pun merindukan adanya perubahan kepemimpinan nasional.

Pernyataan itu disampaikan Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), Sumitro Samadikun.

Sumitro mengatakan para petani tebu se-Indonesia akan memilih mendukung pemimpin baru dalam Pemilihan Presiden tahun 2019 mendatang bila tak ada juga perubahan dari pemimpin nasional saat ini. Sumitro menyebut salah satu figur pemimpin baru yang layak didukung adalah .

"Kalau tidak ada perubahan dari pemimpin saat ini, kami siap mendukung Pak (RR) sebagai calon presiden tahun depan. Beliau adalah tokoh nasional yang punya keberanian untuk melakukan terobosan, karena itu ada harapan negeri ini lebih baik dipimpin beliau," tutur Sumitro, Kamis (29/3).

Sumitro mengaku, para petani tebu yang tergabung dalam APTRI mendukung Joko Widodo (Jokowi) pada pilpres 2014 lalu. Saat itu, pihaknya menaruh harapan Jokowi bisa membawa perubahan yang lebih baik. Namun kenyataanya saat ini petani terpinggirkan oleh kepenting para importir.

Karena itu, kesediaan maju sebagai capres membawa harapan baru bagi para petani tebu. Pasalnya, mereka sudah melihat gebrakan ekonom itu, baik saat menjadi menteri di kabinet Gus Dur mau pun ketika di kabinet Jokowi. Keberpihakan kepada rakyat kecil jelas, sekalipun risikonya kehilangan jabatannya sebagai pejabat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO