Kampanye Keselamatan Pejalan Kaki, Satlantas Gelar Event 'Sapa Jaka'

Kampanye Keselamatan Pejalan Kaki, Satlantas Gelar Event Kasat Lantas saat memberikan hadiah . FOTO : SOFFAN/BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSA ONLINE.com - Dalam upaya menekan kecelakaan yang menjadikan pejalan kaki sebagai korban, Satuan Lalu Lintas (satlantas) Kota, Rabu (21/3) menggelar lomba gerak jalan beregu peduli keselamatan pejalan kaki (Sapa Jaka). Yang menarik dalam kegiatan kali ini, pihak panitia memberikan kebebasan kepada peserta untuk memakai pakaian dan atribut yang sesuai dengan ide kreatifnya.

Mengambil garis strart-finish di depan alun-alun Kota Mojokerto, pukul 08.00 WIB para peserta kemudian berangkat berjalan menyusuri trotoar yang berada di jalan protokol kota Mojokerto hingga sampai di garis finish.

Wakapolres Mojokerto Kota Kompol Hadi Suprayitno menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah merupakan implementasi dari Operasi Keselamatan Semeru 2018. Sejumlah rangkaian kegiatan akan dilaksanakan sejak tanggal 5 Maret hingga 25 Maret 2018 di lima wilayah Polres yang berada di Rayon I (satu). 

“Bersama Polrestabes Surabaya, Polres Sidoarjo, Polres Pelabuhan Tanjung Perak, kita menggelar kegiatan Sapa Jaka atau Satlantas Peduli Pajalan Kaki,” ungkapnya.

Kepada peserta yang terlihat menarik dan kreatif oleh pihak panitia akan disediakan hadiah dengan total Rp 6 juta.

Terpisah, Kasat Lantas Kota AKP Edwin saat ditemui awak media menambahkan jika kegiatan ini memang sengaja dikhususkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga fasilitas yang diperuntukan bagi pejalan kaki agar ke depan pejalan kaki tidak lagi menjadi korban kecelakaan lalu lintas.

“Seperti kita ketahui, sekarang banyak trotoar yang beralih fungsi di antarnya menjadi tempat lapak berjualan dan tempat parkir. Hal ini mengakibatkan para pejalan kaki harus turun ke bahu jalan dan ini yang membahayakan mereka,” jelasnya.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini, pihaknya mengkapayekan mengenai fungsi trotoar untuk pejalan kaki tidak untuk kegiatan lainnya. (sof/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO