Dari Program Nusantara Sehat, Dinkes Pacitan Dapat Droping 14 Paramedis

Dari Program Nusantara Sehat, Dinkes Pacitan Dapat Droping 14 Paramedis Kepala Dinkes Pacitan, dr. Eko Budiono. (foto: yuniardi sutondo/ bangsaonline)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Pemenuhan sumber daya manusia (SDM) yang berlatarkan kesehatan terus dilakukan pemerintah. Hal itu mengingat ketersediaan tenaga medis dan paramedis di pelosok daerah dirasa masih sangat minim.

Kepala Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Eko Budiono mengatakan pemerintah pusat telah mencanangkan program Nusantara Sehat terkait pemenuhan SDM kesehatan itu .

"Program ini sudah berjalan dua tahun ini. Termasuk di , sejak Tahun 2016 lalu sudah mendapatkan dampak positif dari program yang dicanangkan Presiden Jokowi tersebut," katanya, Rabu (21/3).

Tahun ini, lanjut Eko, Pemkab mendapatkan 14 tenaga medis dari program tersebut, baik itu dokter umum, dokter gigi, dan tenaga medis lainnya. Mereka ditempatkan disejumlah puskesma, yaitu Puskesmas Bandar, Sudimoro, Gondosari, Kalak dan Bubakan.

"Kita sangat diuntungkan dari program tersebut, sebab semua beban gaji ditanggung APBN. Kita hanya sharing untuk biaya sewa perumahan. Mereka para tenaga medis terdidik dan terlatih, sebab sebelum ditempatkan mereka juga dilatih kemiliteran selam dua tahun," jelasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO