Ziarah Ke Makam Kyai As'ad, Emil Jadi Serbuan Santri Hingga Didoakan Para Kiai Sepuh

Ziarah Ke Makam Kyai As

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Di tengah kunjungannya ke Banyuwangi dan Situbondo, Calon Wakil Gubernur Jawa Timur nomor urut 1 Emil Elestianto Dardak ziarah ke makam pendiri NU, KH. As'ad Syamsul Arifin di area PP. Assalafiyah Syafi'iyah Sukorejo, Banyuputih, Situbondo, Minggu malam (18/03/2018).

Kunjungan ini bukan dimaknai sebagai kampanye politik, melainkan lebih sebagai bentuk penghormatan Emil terhadap para ulama yang selama ini menjadi pengayom umat sekaligus meneladani perjuangan KH. As'ad Syamsul Arifin yang menurutnya banyak berjasa bagi NU dan Indonesia.

"Ini lebih bermakna sowan seorang santri kepada para sesepuh, bersilaturahmi, mohon doa dan restu. Ziarah merupakan tradisi keluarga saya yang hidup di kultur NU. Bukan hanya itu, ziarah bertujuan untuk silaturrahim mengenang keteladanan," ujar Emil, Minggu malam (18/03/2018).

Di Pondok yang menjadi sejarah NU kembali ke khittah pada tahun 1984, Emil yang datang bersama KH. Asep Syaifuddin Chalim langsung disambut hangat pengasuh dan keluarga pondok di antaranya KH. Afifudin Muhajir, KH. Muzakki Ridwan, dan KH. Sabit Toha.

Setelah berziarah, Emil pun sowan ke kediaman KH. Afifudin Muhajir selaku wakil pengasuh di pondok yang memiliki 17 ribu santri ini.

Ditanya terkait kedatangan Emil Dardak, KH. Afifudin Muhajir selaku wakil pengasuh pondok pesantren menuturkan bahwa dirinya sangat berharap pasangan Khofifah-Emil menang dalam Pilgub Jatim 2018.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO