Sabtu, 22 September 2018 22:53

Kunjungi Ponpes Milenium Candi, Khofifah Bertemu 'Kembarannya'

Selasa, 13 Maret 2018 19:44 WIB
Wartawan: Catur Andy
Kunjungi Ponpes Milenium Candi, Khofifah Bertemu
Khofifah Indar Parawansa bertemu kalangan tokoh di Indonesia di Pondok Pesantren Millenium, Tenggulunan, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Ada Jokowi, Prabowo, Megawati, Hasyim Muzadi, SBY, Yatsir Arafat, Syahrini dan beberapa tokoh lainnya.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Khofifah Indar Parawansa bertemu kalangan tokoh di Indonesia di Pondok Pesantren Millenium, Tenggulunan, Kecamatan Candi, Sidoarjo. Ada Jokowi, Prabowo, Megawati, Hasyim Muzadi, SBY, Yatsir Arafat, Syahrini dan beberapa tokoh lainnya.

Dari sekian nama tokoh di atas merupakan nama anak-anak yatim piatu yang diasuh di Pondok Pesantren Millenium, Tenggulunan, Kecamatan Candi Sidoarjo. Bahkan calon Gubernur Jawa Timur tersebut, juga bertemu kembaran namanya, Khofifah Indar Parawansa Junior (8), kelas dua Sekolah Dasar.

Khofifah sudah kesekian kalinya menyambangi ponpes anak yatim yang diberi nama-nama tokoh di Indonesia tersebut. Mulai sebelum jadi Menteri Sosial RI sampai sekarang. 

"Saya ingat betul, delapan tahun yang lalu saya ke sini, Khofifah junior ditinggalkan ibunya begitu saja, dan akhirnya diserahkan ke sini. Lalu diberi nama yang sama. Mungkin karena kebetulan saya kesini," ujar Khofifah saat bertemu Khofifah Junior, Selasa, (13/3).

Saat ini, lanjut Khofifah, gadis kecil yang sejak lahir ditinggalkan ibunya tersebut, kini mulai tumbuh berkembang. Dia sudah bisa mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Dasar di kawasan Khurioan Nirwana Village.

"Alhamdulillah, semoga mereka semua menjadi orang-orang yang sukses sesuai nama yang diberikan kepada mereka," ujarnya.

Mereka, lanjut Khofifah, terlahir sebagai anak yang tak diinginkan. Andaikan mereka bisa memilih, mungkin mereka akan memilih terlahir sebagai anak yang diinginkan orang tuanya. 

"Itulah alasannya, kenapa mereka diberi nama-nama tokoh yang ada di Indonesia. Agar mereka tegar dalam menjalani hidup. Di sini, mereka diasuh, diberi pendidikan, diajari Al-Qur'an, dan diberi bekal Akhlaqul Karimah untuk menjadi orang yang baik untuk masa depan mereka," ucap Khofifah seraya meneteskan air mata.

Saat menjadi Menteri Sosial RI, pihaknya sudah memperjuangkan sakti baksos, dan mendatangkan direktur anak ke ponpes tersebut. Alasannya, agar mereka bisa tercatat sebagai warga negara Indonesia. Namun, saat ini masih terkendala.

"Mereka ini unregister people, unwanted children, kehamilan yang tak diinginkan. Mereka harus punya warga negara, mereka harus terpenuhi hak dasarnya, yakni akte kelahiran. Maka dari itu, mari kita bersama-sama, terutama pemerintah setempat (dispendukcapil) untuk mencari solusi terbaik buat mereka," terangnya.

Ditengah-tengah pertemuannya dengan sejumlah nama tokoh di Indonesia, Khofifah merasa terharu saat Ja'far (9) melantunkan ayat suci Alquran surat Ar-Rahman juz 27. Lantunan bacaan Alquran yang bagus nan indah tersebut sempat membuat Khofifah meneteskan air mata. 

"Surat Ar-Rahman itu artinya kasih sayang. Ada harapan terbesar dari anak-anak ini untuk mendapatkan kasih sayang lebih semenjak ditinggal orang tuanya. Semoga kedepannya mereka menjadi anak yang shalih-shalihah," harapnya. (cat/ian)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 22 September 2018 10:49 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...