Senin, 25 Juni 2018 03:22

Kepala Disbudpar Jatim Jarianto Mau Bangun "Airport Perairan" Pulau Giliang

Rabu, 28 Februari 2018 20:29 WIB
Wartawan: Tim
Kepala Disbudpar Jatim Jarianto Mau Bangun "Airport Perairan" Pulau Giliang
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Dr H Jarianto, M.Si. foto: pojokpitu.com

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Dr. H. Jarianto, M.Si punya gagasan unik dan cerdas. Ia mengaku sedang berusaha untuk mewujudkan “lapangan terbang perairan” di Pulau Giliang Sumenep Jawa Timur. Lapangan terbang perairan ini dianggap penting karena pulau Giliang sulit dijangkau dengan kendaraan biasa. Padahal Pulau Giliang adalah pulau yang punya kualitas oksigen terbaik dunia setelah Yordania.

”Agar para wisatawan dalam dan luar negeri bisa langsung turun di laut dekat Pula Giliang. Jadi nanti pesawat itu akan landing di perairan,” kata Dr H Jarianto, M.Si kepada M Mas’ud Adnan, direktur HARIAN BANGSA, BBSTV dan bangsaonline.com saat audensi di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Rabu (28/2/2018).

Pulau Giliang adalah pulau yang memiliki kualitas oksigen terbaik kedua dunia setelah Yordania. Pulau Giliang ada di Kecamatan Dungkek Kabupaten Sumenep. Sayangnya, pulau berkualitas dunia ini masih kurang dikenal oleh publik akibat minimnya promosi. Bahkan orang Madura sendiri banyak yang belum tahu kalau di pulau garam itu ada pulau beroksigen kualitas tinggi nomor dua setelah Yordania.

Malah pulau ini bukan hanya kurang dikenal tapi juga terkendala transportasi. Selama ini beberapa wisatawan yang datang ke pulau istimewa ini bertolak dari Kecamatan Dungkek yang jarak tempuhnya sekitar 45 menit dengan naik perahu kecil. Itu pun nunggu musim hujan reda untuk menghindari ombak besar.

Menurut Jarianto, kualitas oksigen yang super ini membuat warga atau penghuni Pulau Giling sehat dan panjang umur. ”Banyak warga sampai usia generasi ketiga yaitu berumur 115 tahun tetap sehat,” tutur Jarianto yang kini juga menjabat PJs Bupati Tulungagung. Para lansia yang usianya di atas 100 tahun itu bahkan tampak sangat sehat dan cekatan.

Karena itu Jarianto kini punya obsesi untuk membangun infrastruktur ajaib yakni airport perairan. Ia mengaku telah berkirim surat kepada kementerian perhubungan RI agar bisa dibangun lapangan terbang perairan di laut di sekitar Pulau Giliang itu. (tim)

Berita Terkait
Rabu, 20 Juni 2018 03:21 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*UNGKAP syukur terekspresikan penuh hikmat kebijaksanaan dalam merayakan Hari Kemenangan, Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H. Alhamdulillah saya diberi kemampuan oleh-Nya untuk melintas, menjelajah, menempuh kembali jalan-jalan kampung d...
Senin, 25 Juni 2018 00:29 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waqadhaynaa ilaa banii israa-iila fii alkitaabi latufsidunna fii al-ardhi marratayni walata’lunna ‘uluwwan kabiiraan (4).Pada ayat kedua diingatkan bahwa Bani Israel telah diberi anugerah al-k...
Sabtu, 23 Juni 2018 11:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Jumat, 22 Juni 2018 23:07 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kampung Toronan Samalem Pamekasan adalah salah satu tempat wisata baru yang menawarkan keindahan serta kesejukan alam bebukitan. Wisata alam ini berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan, M...