Tinggal Sehari, Dinkes Pasuruan Maksimalkan Vaksinasi Difteri

Tinggal Sehari, Dinkes Pasuruan Maksimalkan Vaksinasi Difteri Petugas saat melakukan vaksinasi difteri kepada salah seorang anak.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Program asi massal yang dilakukan Dinkes Kabupaten Pasuruan yang dilaksanakan secara serentak di 24 kecamatan hampir rampung. Pihak dinas mengklaim program tersebut sudah mencapai hampir 90 persen dari total target.

Menurut keterangan Kepala Dinkes Kabupaten Pasuruan Agung Basuki, pelaksanaan program asi difteri untuk tahap awal sudah hampir sepenuhnya dilakukan.

“Hingga akhir bulan ini, hampir semua sasaran sudah di,” kata Agung saat ditemui di RSUD Bangil, Selasa (27/2).

Mantan Dirut RSUD Bangil ini menambahkan, proses asi tersebut terus dijalankan hingga akhir Februari 2018. Hal ini untuk mengejar sisa target sasaran yang belum di difteri. Sisa waktu yang menyisakan beberapa hari ini, akan dimaksimalkan untuk mengejar kekurangan tersebut.

Kegiatan asi ini, tak hanya dilakukan sekali. Selain Februari, kegiatan asi juga dilakukan sekitar Juni serta September. Hal ini untuk membentengi anak-anak dari virus Corynebacterium Dhipteriae tersebut.

“Sasarannya, anak dan remaja di bawah usia 19 tahun. Targetnya sebanyak 419.899 anak bisa ter,” tandasnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, kasus demi kasus munculnya difteri menjadi perhatian pemerintah. Bukan hanya di wilayah Kabupaten Pasuruan, tetapi juga di Indonesia.

Di Kabupaten Pasuruan sendiri, terdapat 46 orang yang suspek difteri sepanjang 2017 kemarin. Dari jumlah itu, tiga diantaranya positif difteri. Bahkan, tiga lainnya meninggal dunia. Hal ini, yang membuat Pemkab menyatakan status KLB untuk difteri. Karenanya, program ORI ini dilangsungkan untuk membentengi masyarakat khususnya anak-anak dari difteri. (hab/par/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tidak Mau di Vaksin, Wanita ini Malah Minta Ditembak Polisi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO