Minggu, 31 Mei 2020 07:44

​Sejumlah Wilayah di Bojonegoro Diterjang Banjir Bandang

Kamis, 22 Februari 2018 16:24 WIB
Editor: Rizki Daniarto
Wartawan: Eky Nurhadi
​Sejumlah Wilayah di Bojonegoro Diterjang Banjir Bandang
Sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu, Dander, Bubulan, dan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, diterjang banjir bandang dengan ketinggian berkisar 0,5 -1 meter. foto: Eky Nurhadi/ bangsaonline.com

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu, Dander, Bubulan, dan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, diterjang banjir bandang dengan ketinggian berkisar 0,5 -1 meter. Banjir tersebut akibat curah hujan tinggi yang mengguyur sejak dua hari kemarin.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro Andik Sudjarwo menjelaskan, di sejumlah desa, seperti Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, Ngorogunung, Kecamatan Bubulan, banjir bandang sudah surut.

Akan tetapi, lanjut dia, saat ini banjir bandang masih melanda sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu dan Dander. Bahkan sebuah tanggul sungai di Desa Jajar, Kecamatan Sukosewu, kritis tergerus banjir bandang. "Tim BPBD sudah melakukan penebalan tanggul kritis di Sukosewu agar tidak jebol," kata dia, Kamis (22/2).

BPBD, lanjut dia, juga melakukan pendataan kerugian juga korban banjir bandang di sejumlah kecamatan tersebut. Beruntung dalam banjir bandang tersebut tidak ada korban jiwa.

Kepala UPT Pengairan Dinas Pengairan di Kecamatan Sukosewu, Bojonegoro Imam Musholi, menyebutkan banjir bandang melanda Desa Semawot, Kalicilik, Sukosewu, Sidodadi, Klepek, Sumberjo Kidul, di Kecamatan Sukosewu, dengan ketinggian berkisar 0,7-1 meter.

"Air banjir bandang datangnya di sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu, pagi tadi sekitar pukul 03.00 WIB," ucapnya menambahkan. Akibat banjir bandang itu, lanjut dia, ratusan rumah warga di desa setempat terendam air bercampur lumpur dengan ketinggian berkisar 0,7 -1 meter.

Tidak hanya itu, menurut dia, para siswa SD di lembaga pendidikan di sejumlah desa semuanya libur, disebabkan sekolahannya juga terendam air banjir bandang.

"Belum ada warga yang mengungsi karena masih mengamankan barang-barang miliknya ke tempat yang lebih tinggi. Termasuk mengungsikan ternak sapi juga kambing. Ada ratusan ekor ternak yang diungsikan di tempat yang lebih tinggi," kata dia menjelaskan.

Air banjir bandang, lanjut dia, juga merendam jalan poros Kecamatan Temayang ke arah Kecamatan Sukosewu, sepanjang sekitar 3 kilometer dengan ketinggian air rata-rata 1 meter.

"Jalan poros Kecamatan Temayang-Sukosewu lumpuh tidak bisa dilalui kendaraan roda dua, juga roda empat," kata dia menjelaskan. Menurut dia, banjir bandang yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Sukosewu itu, akibat curah hujan tinggi di wilayah selatan.

"Curah hujan di Dam Klepek, Kecamatan Sukosewu, sehari lalu hanya 54 milimeter. Ya, berarti banjir bandang akibat curah hujan tinggi dari wilayah selatan," ujarnya. (nur/rd)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...