Kamis, 19 September 2019 10:08

Disperta Bojonegoro Sosialisasi Pentingnya Penggunaan Surfaktan

Rabu, 14 Februari 2018 12:56 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Eky Nurhadi
Disperta Bojonegoro Sosialisasi Pentingnya Penggunaan Surfaktan
Para pemateri di acara lokakarya.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro bersama dengan Tertiary Irrigation Technical Assistance (Tirta) menggelar lokakarya pentingnya penggunaan surfaktan untuk meningkatkan efektivitas pestisida pada budidaya padi, Rabu (14/2).

Riki Rivaldi, praktisi surfaktan yang menjadi pemateri pada 155 Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di acara tersebut menjelaskan, pada dasarnya surfaktan merupakan zat pelekat pestisida pada tanaman padi, agar penggunaan pestisida bisa lebih efektif.

"Penggunaan surfaktan dapat membantu menghemat penggunaan pestisida dengan mengembalikan penggunaan pestisida kedosis atau konsentrasi rendah sesuai rekomendasi pada label," jelas Riki.

Dia mengurai, peranan surfaktan tersebut untuk mencegah terjadinya resistensi atau kekebalan dan ledakan hama pada tanaman padi. "Surfaktan dapat dicampur dengan pestisida ataupun pupuk daun pada saat penyemprotan," terangnya.

Dia berharap PPL Dinas Pertanian Bojonegoro dapat memahami manfaat dari penggunaan surfaktan, serta menularkan pentingnya penggunaan surfaktan kepada petani di Kota Ledre. Sehingga penggunaan pestisida dapat digunakan secara efisien.

Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Ahmad Jupari menambahkan, tren penggunaan pestisida berbasis kimia di wilayahnya semakin meningkat. Sehingga perlu mengambil langkah cepat untuk memastikan efisiensi dan efektivitas dari penggunaan pestisida. "Caranya hanya dengan menggunakan surfaktan," katanya menegaskan.

Kata dia, penggunaan pestisida yang berlebihan tidak hanya meningkatkan pengeluaran petani, namun juga menimbulkan dampak yang negatif terhadap lingkungan. Dia juga mendorong agar petani memprioritaskan penggunaan agens hayati. Namun, jika pengendalian tersebut sudah tidak mampu menanggulangi, petani diharapkan memilih pestisida berlabel hijau yang aman dan ramah lingkungan.

Sementara itu, Tirta merupakan program kerjasama antara pemerintah Australia dan pemerintah Indonesia di bawah koordinasi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR). (nur/dur)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...