Rabu, 04 Agustus 2021 12:23

Digelar Khusus di Kecamatan Kanor, Lomba Berburu Tikus di Bojonegoro Dimulai Hari Ini

Senin, 07 Juni 2021 10:07 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
Digelar Khusus di Kecamatan Kanor, Lomba Berburu Tikus di Bojonegoro Dimulai Hari Ini
Para petani di Desa Simbatan, Kanor sedang melakukan gropyokan tikus. (foto: JFN for BANGSAONLINE)

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Lomba berburu tikus yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Disperta) Kabupaten Bojonegoro dimulai hari ini (Senin, 7/6/2021). Para petani mulai hari ini bisa menjual hasil buruan tikus di sawah kepada kelompok tani (poktan) senilai Rp 2.000 per ekor.

Sayangnya, lomba ini dikhususkan kepada para petani di Kecamatan Kanor, Bojonegoro. Itu pun hanya sembilan desa yang telah ditunjuk oleh disperta sebagai pesertanya. Sembilan desa itu ada 25 kelompok tani (poktan) yang siap membeli tikus senilai Rp 2.000 per ekor.

"Lombanya mulai hari ini sampai hari Jumat (11/6/2021). Jadi bukan tikus mati secara utuh kemudian disetor kepada kelompok tani, tetapi dipotong ekornya saja," jelas Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Bojonegoro Zaenal Fanani saat dihubungi via WhatsApp.

Pria yang juga sebagai Pengurus Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Bojonegoro itu menargetkan 25 ribu ekor tikus terbeli dari para petani di Kecamatan Kanor. Disperta telah menggelontorkan dana senilai Rp 50 juta sebagai pengganti pembelian tikus dari petani tersebut.

BACA JUGA : 

Mutasi di Tengah Pandemi, Bupati Bojonegoro Minta Pejabat Selalu Semangat

Keliling Desa dengan Mobil Astuti, Polres Bojonegoro Beri Vaksin Gratis

Fokus Pantau Pemain Lokal, Pelatih Persibo: Pemain Luar Daerah No Comment Dulu

Cegah Penularan Corona, 36 Puskesmas di Bojonegoro Buka Layanan Vaksin Gratis

"Ya, jadi sudah kami anggarkan Rp 50 juta untuk lomba berburu tikus ini. Kenapa hanya di Kecamatan Kanor? Yang pertama, karena ini program kami yang baru, kemudian yang kedua karena di wilayah Kanor khususnya daerah bantaran Sungai Bengawan Solo sedang masa tanam. Selain itu juga populasi tikus di daerah ini banyak sekali," jelasnya.

Dengan program ini, lanjut dia, diharapkan dapat mengendalikan banyaknya hama tikus yang menyerang tanaman padi milik petani di Kecamatan Kanor. Selain itu, lomba berburu tikus tersebut juga sebagai solusi pascaadanya perbup tentang larangan menggunakan jebakan tikus beraliran listrik di sawah petani.

"Kami harap perbup itu dipatuhi oleh masyarakat, dan mari kita ikuti program lomba berburu tikus ini. Kita gencarkan berburu tikus agar pertanian padi aman dan panen secara maksimal," ujar Zaenal Fanani.

Dia menambahkan, para petani bisa menangkap tikus sebanyak-banyaknya di areal persawahan, kecuali tikus anakan yang baru lahir. Selanjutnya, hasil tangkapan tikus itu bisa diserahkan kepada kelompok tani masing-masing desa yang mengikuti program lomba ini untuk didata.

"Selanjutnya, kelompok tani akan mengumpulkan ekor tikus yang terbeli kepada Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Kecamatan Kanor," pungkasnya. (nur/zar)

Respons Keluhan Ojol Karena Terdampak Pandemi, ASC Foundation Bagikan Paket Sembako dan Uang Bensin
Kamis, 29 Juli 2021 13:40 WIB
MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Muhammad Al Barra bersama Tim ASC Foundation-nya, telah menyalurkan paket sembako kepada para pedagang terdampak PPKM darurat di 12 kecamatan di Kabupaten Mojokerto. Aksi sosial ini terus dilakukan Gus Barra. Kali i...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Rabu, 04 Agustus 2021 11:59 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*69. Qaala satajidunii in syaa-a allaahu shaabiran walaa a’shii laka amraanDia (Musa) berkata, “Insya Allah akan engkau dapati aku orang yang sabar, dan aku tidak akan menentangmu dalam urusan apa pun.”70. ...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...