Dua Siswa MTsN 3 Tambakberas Juarai Lomba Robotik Internasional

Dua Siswa MTsN 3 Tambakberas Juarai Lomba Robotik Internasional Muhammad Reza Hizbulloh dan Yusron Roziqin (berkalung bunga) saat memperaktikan operasional robot yang dia bawa bertarung ke luar negeri. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Dua siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 3 Tambakberas Jombang, Muhammad Reza Hizbulloh (13) siswa kelas VIII G dan Yusron Roziqin (15) kelas VIII H berhasil menjuarai lomba robotik internasional di Malaysia, Singapura dan Thailand pada 23 hingga 29 Januari 2018.

Kedua pelajar yang tergabung dalam satu tim itu berhasil menyabet juara 1 Robot Analog dan Robot School dalam ajang 'International Robot Competition Thailand (IRTC)', kemudian juara 1 dan 3 Robot Shoker dalam 'Singapura Robotic Games' (SRG).

"Kami bersyukur kepada Allah SWT, kami bahagia dan bangga atas keberhasilan siswa kami di kompetisi robot internasional," kata Moch Syuaib, Kepala Sekolah MTsN 3 kepada wartawan, Rabu (31/1/2018).

Syuaib menjelaskan, program ektra kurikuler robotik di sekolahnya sendiri dimulai satu tahun terakhir. Setelah robotik masuk sebagai salah satu program ekstra kurikuler, sejumlah ajang perlombaan di ikuti oleh siswanya mulai ajang taraf regional, nasional, maupun internasional.

"Ekstra kurikuler yang kami lakukan pada hari Sabtu dan Ahad, alhamdulillah menuai hasil yang luar biasa. Hal ini juga berkat do'a para kiai dan massayiq Bahrul Ulum," ujarnya.

Sementara itu, Yusron Rozikin mengaku untuk menghadapi melakukan ajang kompetisi robotik internasional tersebut dengan latihan setiap hari.

Menurutnya, robot analog menjadi tantangan tersulit saat mengikuti ajang yang diikuti oleh utusan dari beberapa negara tersebut, termasuk dari Indonesia yang diwakili 80 utusan.

"Keunggulannya, robot kita tangguh, robot milik kompetitor lainnya banyak yang hancur," tandasnya. (ony/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO