Belasan Tahun, SD Negeri di Jombang Kekurangan Siswa, Kelas, dan Guru

Belasan Tahun, SD Negeri di Jombang Kekurangan Siswa, Kelas, dan Guru Suasana kegiatan belajar mengajar di SDN 2 Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang. Foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sudah belasan tahun, siswa , Kecamatan Bareng, Kabupaten , ini terpaksa berbagi kelas dan guru. Hal itu dikarenakan terbatasnya ruang dan tenaga pengajar.

Kepala , Turyanti, mengatakan pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2022, sekolahnya hanya mendapatkan 4 siswa. Sedangkan pagu yang ditentukan adalah 28 siswa baru per kelas.

"Tahun ini kelas 1 hanya dapat 4 siswa, kalau tahun sebelumnya ada 10 siswa," ujarnya saat ditemui di , Senin (18/07/22).

Dijelaskan, minimnya siswa yang masuk tahun ini dipengaruhi oleh sedikitnya anak usia belajar di kawasan sekolah, yaitu Dusun Wonorejo, , Kecamatan Bareng. Selain itu, lokasi sekolah juga cukup terpencil di kawasan perbukitan hutan jati.

"Karena memang di sini penduduknya jarang. Secara geografis di sini perbatasan dengan Kecamatan Wonosalam yang penduduknya juga jarang," jelas Turyanti.

Selain kekurangan siswa, di sekolahan tersebut juga terlihat kekurangan ruang kelas. Sehingga dari total 37 siswa dari kelas 1 hingga 6, mereka terpaksa berbagi kelas.

Pada kelas 1 yang jumlahnya 4 siswa terpaksa berbagi ruangan dengan kelas 2 yang berjumlah 10 siswa. Kemudian 5 siswa kelas 4 juga berbagi ruangan dengan kelas 5 yang memiliki 5 siswa, dan 5 siswa kelas 6 juga terpaksa berbagi ruangan dengan kantor kepala sekolah.

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO