Keluarga Tolak Permintaan agar Liya Dimakamkan di Ponpes

Keluarga Tolak Permintaan agar Liya Dimakamkan di Ponpes ?Jenazah Liya ketika sampai di rumah duka. foto:nanang/BANGSAONLINE

MOJOKERTO (bangsaonline) - Pengurus Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah meminta ke keluarga Lailiyatul Musyarofah (13), korban santri tewas agar jenazahnya dimakamkan di pemakaman ponpes. Harapannya, makam Liya lebih banyak diziarahi para santri, ustadz dan pengurus ponpes daripada dimakamkan di rumah orang tuanya.

Namun, keluarga korban menolak permintaan tersebut. Permintaan itu disampaikan langsung Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah Kembangbelor, KH Asep Syaifudin Halim kepada keluarga Liya sebelum salat jenazah di Masjid KH Abdul Halim. Menurut Kiai Asep, pertimbangan pemakaman jenazah Liya di lingkungan ponpes agar banyak yang menziarahi makamnya. "Kami sangat berharap keluarga ananda Lailiyatul Musyarofah berkenan memakamkan jenazah di pemakaman pondok, agar para santri, ustadz, ustadzah mudah untuk berziarah ke makamnya," pinta Kiai Asep sebelum menggelar shalat jenazah di Masjid KH Abdul Halim.

Menanggapi permintaan itu, ayah Liya, Supriyadi menegaskan keberatannya jika jenazah putrinya dimakamkan di lingkungan ponpes. "Setelah saya rundingkan dengan keluarga saya, bukannya kami tidak berkenan, bukannya apa-apa, untuk ziarah kami terlalu jauh, untuk itu doakan anak saya khusnul khotimah," ucap Supriyadi usai salat jenazah. Selain itu, Supriyadi juga meminta maaf kepada pengasuh Ponpes Amanatul Ummah dan rekan-rekan putrinya. "Saya mohon maaf, baik kapada kiai, ustadz, pembimbing dan santri teman ananda, maafkan kesalahan putri kami, Lailiyatul Musyarofah. Apabila ada masalah hutang piutang atau administrasi mohon segera menghubungi saya, selaku orang tua," pungkasnya.

Setelah disalati oleh ribuan santri Ponpes Amanatul Ummah, jenazah Lailiyatul Musyarofah dibawa ke rumah duka di Desa Trosobo, Kecamatan Taman, Sidoarjo untuk dimakamkan. Suasana haru menyelimuti Masjid KH Abdul Halim. Ribuan santri turut melepas kepergian jenazah Liya dari masjid tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO