Minggu, 21 Oktober 2018 11:56

Tunggakan Piutang Pedagang Pasar Kota Gresik Capai Rp 2 Miliar

Kamis, 11 Januari 2018 16:09 WIB
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Tunggakan Piutang Pedagang Pasar Kota Gresik Capai Rp 2 Miliar
Pasar Kota Gresik di Jalan Samanhudi Gresik. Foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

KOTA GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tunggakan pedagang penyewa stan Pasar Kota Gresik milik Pemkab jumlahnya masih sangat besar. Hingga tahun 2018, tunggakan piutang para pedagang tersebut mencapai Rp 2 miliar. 

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM dan Perindag) Pemkab Gresik Agus Budiono. "Setelah rutin kami tagih tunggakan piutang pedagang Pasar Kota Gresik dari sewa stan hingga tahun 2018 masih Rp 2 miliar," ujarnya kepada Bangsaonline.com, Kamis (11/1).

Namun menurut Agus, tunggakan itu terbilang terus berkurang. Sebab, sebelumnya tunggakan mencapai Rp 6,5 miliar lebih, tepatnya pada 9 tahun lalu. "Karena mereka (para pedagang,red) tak mau melunasi atau menyicil uang sewa," ungkapnya.

Untuk menagih piutang tersebut, Diskop meminta bantuan Kejaksaan Negeri (Kejari). "Dan Alhamdulillah, secara berangsur para pedagang yang piutang mau menyicil. Para pedagang rata-rata akhirnya mau membayar karena mereka ketakutan kalau tidak melunasi stannya akan dieksekusi," papar Agus.

Agus mengungkapkan bahwa hasil sewa stan pasar yang terletak di Jalan Samanhui Kecamatan Gresik itu merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Diskop memiliki 7 pasar sebagai sumber pendapatan," katanya.

Ditanya soal target PAD 2018, Agus mengaku bahwa OPD-nya diberi beban retribusi sebesar Rp 2,3 miliar. Target tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun sebelummya, yakni Rp 1,8 miliar. 

"Tahun lalu target kami bisa terpenuhi, bahkan melebihi target. Insya Allah tahun ini juga terpenuhi," pungkasnya. (hud/rev)

Suparto Wijoyo
Rabu, 17 Oktober 2018 11:08 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DARI Malang menuju Bekasi. Begitulah aksi KPK dalam melakukan gerakan senyap OTT yang melibatkan para bupati kedua daerah itu. Simbul para koruptor kian menjalar dari daerah ke daerah untuk merapatkan barisan sambung-meny...
Sabtu, 20 Oktober 2018 19:42 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .  ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Menjadi viral saat ada rombongan umrah menyanyikan lagu Ya Lal Wathan, termasuk yang memb...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 29 September 2018 09:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 04 Oktober 2018 13:39 WIB
PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gua Jenggung, begitulah nama yang diberikan kepada gua yang baru ditemukan di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.Saat melihat keindahan stalaktit maupun stalagmit di dalam Gua Jenggung, laksana berlibur ke T...