Sabtu, 21 Juli 2018 11:16

Tunggakan Piutang Pedagang Pasar Kota Gresik Capai Rp 2 Miliar

Kamis, 11 Januari 2018 16:09 WIB
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Tunggakan Piutang Pedagang Pasar Kota Gresik Capai Rp 2 Miliar
Pasar Kota Gresik di Jalan Samanhudi Gresik. Foto: SYUHUD A/BANGSAONLINE

KOTA GRESIK, BANGSAONLINE.com - Tunggakan pedagang penyewa stan Pasar Kota Gresik milik Pemkab jumlahnya masih sangat besar. Hingga tahun 2018, tunggakan piutang para pedagang tersebut mencapai Rp 2 miliar. 

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menegah Perindustrian dan Perdagangan (Diskop UKM dan Perindag) Pemkab Gresik Agus Budiono. "Setelah rutin kami tagih tunggakan piutang pedagang Pasar Kota Gresik dari sewa stan hingga tahun 2018 masih Rp 2 miliar," ujarnya kepada Bangsaonline.com, Kamis (11/1).

Namun menurut Agus, tunggakan itu terbilang terus berkurang. Sebab, sebelumnya tunggakan mencapai Rp 6,5 miliar lebih, tepatnya pada 9 tahun lalu. "Karena mereka (para pedagang,red) tak mau melunasi atau menyicil uang sewa," ungkapnya.

Untuk menagih piutang tersebut, Diskop meminta bantuan Kejaksaan Negeri (Kejari). "Dan Alhamdulillah, secara berangsur para pedagang yang piutang mau menyicil. Para pedagang rata-rata akhirnya mau membayar karena mereka ketakutan kalau tidak melunasi stannya akan dieksekusi," papar Agus.

Agus mengungkapkan bahwa hasil sewa stan pasar yang terletak di Jalan Samanhui Kecamatan Gresik itu merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Diskop memiliki 7 pasar sebagai sumber pendapatan," katanya.

Ditanya soal target PAD 2018, Agus mengaku bahwa OPD-nya diberi beban retribusi sebesar Rp 2,3 miliar. Target tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun sebelummya, yakni Rp 1,8 miliar. 

"Tahun lalu target kami bisa terpenuhi, bahkan melebihi target. Insya Allah tahun ini juga terpenuhi," pungkasnya. (hud/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 18 Juli 2018 16:49 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo* KABAR pating semliwer memenuhi angkasa dan terhelat dalam belantara bumi nusantara. Para petinggi dan penglamun kekuasaan sedang merancang skenario untuk dapat bertahan, tidak hendak beringsut, tak rela bergeser, apalagi l...
Selasa, 03 Juli 2018 04:36 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Fa-idzaa jaa-a wa’du uulaahumaa ba’atsnaa ‘alaykum ‘ibaadan lanaa ulii ba'sin syadiidin fajaasuu khilaala alddiyaari wakaana wa’dan maf’uulaan (5).Teks ayat kaji ini jelas sekali, beta...
Sabtu, 21 Juli 2018 10:50 WIB
Assalamualaikum ustaz. Saya mau tanya, saya sudah dilamar bulan Februari lalu. Tapi, sampai bulan Juli ini sya belum dinikahkan juga dengan pria yang melamar saya tersebut. Padahal saya sangat ingin dinikahkan sesegera mungkin setelah khitbah. Pih...
Senin, 16 Juli 2018 20:00 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Kelapa yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terus berbenah. Beberapa fasilitas penunjang di kawasan obyek wisata pantai tersebut dirombak dan ditambah guna meningkatkan day...