NU Pacitan Ajak Ribuan Warga Hadiri Istighosah Kubro, Dzikir, dan Doa Bersama

NU Pacitan Ajak Ribuan Warga Hadiri Istighosah Kubro, Dzikir, dan Doa Bersama Ketua PCNU Pacitan, H. Mahmud pada acara penyerahan bantuan korban bencana alam. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Musibah bencana alam berupa banjir dan tanah longsor yang sempat‎ mendera hampir separuh wilayah kecamatan di sudah sepatutnya untuk dijadikan perenungan. Untuk itu, Ketua PCNU Kabupaten , H. Mahmud, mengajak kepada seluruh umat Islam di untuk bergabung dalam istighosah kubro, dzikir, dan doa bersama yang akan diselenggarakan Sabtu (30/12) besok di Masjid Agung Darul Fallah.

"Mari kita berdzikir, doa bersama untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semoga ke depan akan lebih indah, lebih baik, damai, dan sejahtera dalam naungan keberkahan-Nya," ujar Mahmud, Jumat (30/12).

Menurut rencana, gelar istighosah dan dzikir akbar tersebut akan diikuti ribuan umat Islam di seluruh . "Semoga Allah akan membuka pintu keberkahan dari acara akbar tersebut," harap Mahmud.

Sementara itu, di sepanjang masa tanggap darurat lalu, Lembaga Amal, Zakat, Infaq, Sodaqoh, Nahdatul Ulama (Lazisnu) sudah banyak bekiprah membantu ribuan masyarakat terdampak. Menurut Mahmud, semenjak lembaga itu berdiri apalagi diperkuat dengan NU Care, sudah berhasil menghimpun donasi pengumpulan bantuan, baik berupa logistik ataupun uang tunai senilai hampir Rp 1 miliar. Belum lagi dalam bentuk logistik yang jumlahnya tidak terhingga.

"Semua ini tak lepas dari gerakan dan pendekatan para kader penggerak NU secara masif, tertutup, dan terpimpin sehingga berhasil menghimpun banyak donasi dan logistik sebanyak itu," jelasnya.

Penghimpunan donasi tersebut, khususnya logistik, akan disalurkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pada 29 November hingga 6 Desember lalu. Untuk tahap kedua, pada tanggal 7 Desember hingga 22 Desember lalu. Sedangkan pada tahap terakhir, yaitu pada tanggal 23 sampai sekarang ini seluruh kader NU masih masif turun ke lapangan memberikan uluran bantuan ke masyarakat terdampak bencana.

"Kegiatan itu atas koordinasi kami dengan Pengurus Wilayah (PW) NU, dan Bupati . Beliau sangat respon dengan langkah kami memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat terdampak bencana," ungkapnya.

"Sedangkan bantuan dalam bentuk uang tunai, sebagaimana petunjuk Bupati , akan dibantukan untuk rehabilitasi fasilitas umum. Seperti masjid, musala, madrasah serta banyak lainnya," pungkasnya. (yun/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO