Serapan APBD Pacitan pada 2017 Capai 95 Persen

Serapan APBD Pacitan pada 2017 Capai 95 Persen Heru Sukresno.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Serapan belanja APBD Tahun Anggaran 2017 di Kabupaten Pacitan terbilang cukup tinggi. Hingga Rabu (27/12) kemarin, realisasi belanja baik itu belanja langsung maupun tidak langsung sudah mencapai angka 95 persen lebih. Hal tersebut dibenarkan Heru Sukresno selaku Kepala BPKAD Pacitan, Kamis (28/12).

Khusus pos belanja langsung sebesar Rp 517,785 miliar, Heru mengungkapkan sudah terserap sebesar 95,55 persen. Menurutnya, capaian tersebut sudah sangat bagus meski masih ada sejumlah OPD yang penyerapannya rendah.

"Hampir di 48 OPD serapan belanjanya sangat bagus. Namun memang ada OPD yang serapan belanja langsungnya hanya sekitar 50 persen, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Sebab ada pos kegiatan dari dana alokasi khusus (DAK) yang tak bisa dilaksanakan," ujarnya.

Kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan itu mencapai Rp 7 miliar lebih, yaitu pengadaan buku. "Seluruh anggaran di Dikbud mencapai 97 miliar. Namun pada pos belanja langsungnya masih menyisakan Rp 7 miliar lebih yang tidak bisa terserap," beber mantan Kabag Umum ini.

Kepala Dikbud Pacitan, Marwan membenarkan masih adanya sisa anggaran miliaran rupiah pada pos belanja langsung yang tidak bisa diserap. "Memang benar ada kegiatan pengadaan buku yang tidak bisa dilaksanakan. Selain dari sisi waktu, juga ada hal-hal lain yang menyebabkan kegiatan itu tidak bisa dijalankan," katanya.

Dari sisa anggaran tersebut, Marwan tidak bisa memastikan apakah bisa dilaksanakan di tahun anggaran berikutnya ataukah tidak. "Kita masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Kemendikbud," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO