Minggu, 19 Agustus 2018 10:52

Peringati HKP dan Hari Pangan se-Dunia, Bupati Malang Ajak Luaskan Pertanian

Kamis, 07 Desember 2017 17:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
Peringati HKP dan Hari Pangan se-Dunia, Bupati Malang Ajak Luaskan Pertanian
Bupati Malang Rendra Kresna dan M Nasri Abd. Wahid (sebelah kiri Bupati).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 dan Hari Pangan se-Dunia ke-37, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang menggelar “Temu Usaha dan Gelar Produk Unggulan”, Kamis (7/12).

"Dari sisi luas pertanaman, Kabupaten Malang mengalami penurunan dibandingkan tahun 2016 lalu. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi produksi tanaman padi tahun ini hasilnya lebih banyak," tutur Bupati Malang Rendra Kresna saat sambutannya. 

Rendra mengajak untuk  meningkatkan luas pertanian itu, karena saat ini pertanian Kabupaten Malang menjadi salah satu yang diharapkan di Jawa Timur. "Dengan hasil produktivitas yang tinggi dan area luas tanah yang semakin meningkat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Pemkab Malang memiliki komitmen melakukan penguatan-penguatan melalui APBD, diharapkan untuk Kepala Dinas dan seluruh staf lebih meningkatkan kegiatan blusukan menyapa dan meninjau langsung kegiatan para petani di lapangan. "Kalau perlu, jadwal blusukan tersebut lebih banyak dibandingkan berada di kantor," kata bupati.

Hal itu ia maksudkan agar dapat banyak berkomunikasi dengan petani dan mendorong semangatnya. Pasalnya, Kabupaten Malang memiliki tanah cukup luas untuk terus dikembangkan.

Sementara itu, Kepala DTPHP Ir. M. Nasri Abd. Wahid, M.Eng.Sc mengatakan, tujuan kegiatan Hari Krida adalah sebagai moment jajaran pertanian berkumpul, bergembira, mengevaluasi dan memberikan apresiasi untuk para petani yang selama setahun bercocok tanam di area pertanian. 

“Hari Krida dimaksudkan dapat menyadarkan kembali kepada kita betapa pentingnya mewujudkan kecukupan, ketahanan dan melakukan versifikasi pangan serta memfasilitasi antara produsen binaan kami dan para konsumennya," pungkasnya.

Pada kegiatan kali ini Bupati Malang juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Poktan (kelompok tani) berprestasi tahun 2017. (thu/ian)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...