Rabu, 23 Mei 2018 10:03

Peringati HKP dan Hari Pangan se-Dunia, Bupati Malang Ajak Luaskan Pertanian

Kamis, 07 Desember 2017 17:10 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
Peringati HKP dan Hari Pangan se-Dunia, Bupati Malang Ajak Luaskan Pertanian
Bupati Malang Rendra Kresna dan M Nasri Abd. Wahid (sebelah kiri Bupati).

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka Hari Krida Pertanian (HKP) ke-45 dan Hari Pangan se-Dunia ke-37, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura Dan Perkebunan (DTPHP) Kabupaten Malang menggelar “Temu Usaha dan Gelar Produk Unggulan”, Kamis (7/12).

"Dari sisi luas pertanaman, Kabupaten Malang mengalami penurunan dibandingkan tahun 2016 lalu. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi produksi tanaman padi tahun ini hasilnya lebih banyak," tutur Bupati Malang Rendra Kresna saat sambutannya. 

Rendra mengajak untuk  meningkatkan luas pertanian itu, karena saat ini pertanian Kabupaten Malang menjadi salah satu yang diharapkan di Jawa Timur. "Dengan hasil produktivitas yang tinggi dan area luas tanah yang semakin meningkat,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Pemkab Malang memiliki komitmen melakukan penguatan-penguatan melalui APBD, diharapkan untuk Kepala Dinas dan seluruh staf lebih meningkatkan kegiatan blusukan menyapa dan meninjau langsung kegiatan para petani di lapangan. "Kalau perlu, jadwal blusukan tersebut lebih banyak dibandingkan berada di kantor," kata bupati.

Hal itu ia maksudkan agar dapat banyak berkomunikasi dengan petani dan mendorong semangatnya. Pasalnya, Kabupaten Malang memiliki tanah cukup luas untuk terus dikembangkan.

Sementara itu, Kepala DTPHP Ir. M. Nasri Abd. Wahid, M.Eng.Sc mengatakan, tujuan kegiatan Hari Krida adalah sebagai moment jajaran pertanian berkumpul, bergembira, mengevaluasi dan memberikan apresiasi untuk para petani yang selama setahun bercocok tanam di area pertanian. 

“Hari Krida dimaksudkan dapat menyadarkan kembali kepada kita betapa pentingnya mewujudkan kecukupan, ketahanan dan melakukan versifikasi pangan serta memfasilitasi antara produsen binaan kami dan para konsumennya," pungkasnya.

Pada kegiatan kali ini Bupati Malang juga menyerahkan penghargaan secara simbolis kepada Poktan (kelompok tani) berprestasi tahun 2017. (thu/ian)

Kamis, 17 Mei 2018 15:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*AHAD pagi itu, 13 Mei 2018, saya bergumul dalam cengkerama keluarga usai menjalankan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Ar-Rahman, Western Regency, Surabaya, yang semalamnya (Sabtu, 12 Mei 2018) diresmikan. Sambil menikmati d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Sabtu, 19 Mei 2018 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 14 Mei 2018 00:06 WIB
Pantai Kramat Banyuwangi yang mau dijadikan destinasi wisata.BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kelompok Nelayan Al Karomah bersama pemuda-pemudi Kertosari menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Kramat, Minggu (13/5). Kegiatan bersih-bersih pantai ...