Bu Nyai Pendukung Gus Ipul Pakai Angka 4.444, Apa Maksudnya?

Bu Nyai Pendukung Gus Ipul Pakai Angka 4.444, Apa Maksudnya? Bu Nyai pendukung Gus Ipul dengan nama 4.444 di Pesantren Walisongo Situbondo Jawa Timur. foto: istimewa

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Lagi, 4.444 Ibu Nyai Pengasuh Pesantren, mubalighah, tokoh penggerak dan aktivis perempuan Nahdlatul Ulama (NU) mendeklarasikan diri mendukung pasangan Saifulllah Yusuf () dan Abdullah Azwar Anas pada pemilihan gubernur Jawa Timur 2018. Kali ini diklaim se-wilayah "Tapal Kuda".

Acara serupa pernah digelar di sebuah pesantren Syaikhona Kholil Bangkalan. Saat itu juga diumumkan bahwa bu nyai yang hadir 4.444 orang. Hanya saja saat itu diklaim seluruh Jawa Timur. Deklarasi serupa juga dilakukan ribuan Ibu Nyai yang saat itu diklaim se-Mataraman pada 30 Oktober 2017 di Pesantren Al Amin, Ngasinan, Kediri.

Deklarasi dukungan kali ini dilakukan di Pesantren Walisongo, Mimbaan, Panji, Situbondo, yaitu pesantren yang diasuh KHR Moh Kholil As’ad. Acara deklarasi yang digelar pada Minggu (19/11/2017) itu dihadiri dan Azwar Anas bersama istri. Selain itu juga hadir Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar,

Seperti acara di Bangkalan, kali ini juga dipimpin Nyai H Djuwairiyah Fawaid, istri KHR Fawaid As’ad Syamsul Arifin yang semasa hidupnya menjadi pengasuh Pesantren Salafiyah Syafiiyah Sukorejo. Hadir juga KH Mujib Imron, Pasuruan; KH Fuad Hasan Sidogiri; serta ribuan Ibu Nyai dari berbagai pesantren di wilayah "Tapal Kuda" Jatim.

Inilah 5 ikrar yang dibaca 10 perwakilan Bu Nyai itu :

1. Berpegang teguh pada aqidah atau ajaran, nilai dan tradisi Islam ahlussunah waljamaah. Senantiasa setia dan tunduk pada keputusan Nahdlatul Ulama.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO