Soal Gathering Rombongan Pemkab Gresik ke Malaysia, Wagub: Seharusnya Izin Mendagri-Gubernur

Soal Gathering Rombongan Pemkab Gresik ke Malaysia, Wagub: Seharusnya Izin Mendagri-Gubernur

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kepergian Bupati Gresik bersama puluhan pejabat ke Malaysia diduga belum mengantongi izin dari Mendagri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jatim, Soekarwo. Hal ini diungkapkan Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf (Gus Ipul) saat menghadiri pelantikan pengurus MWC NU Panceng, Sabtu, (18/11/2017).

"Saya belum tahu," kata Gus Ipul saat ditanya terkait kunjungan pejabat ke Malaysia dalam rangka gathering dan temu kangen dengan TKI, Sabtu (18/11/2017).

Menurutnya, kepala daerah yang hendak bepergian ke luar negeri, apalagi sampai menginap dan mengajak pejabatnya, memang seharusnya meminta izin kepada Gubernur dan Menteri Dalam Negeri.

"Memang lebih elok, bila sebelum pergi meminta izin kepada Menteri Dalam Negeri dan Gubernur. Dan saya belum tahu soal itu, mungkin saja suratnya ke meja Gubernur," ujarnya.

"Mendagri melarang pejabat bepergian ke luar negeri jika urgensitasnya tidak ada, seperti tidak untuk kepentingan pemerintah. Terus kepergian Bupati Gresik dengan pejabat ke Malaysia itu untuk apa? Urgent apa tidak?," tanyanya.

Pernyataan Gus Ipul ini senada dengan yang dikatakan salah satu pejabat . "Yang saya dapat informasi, kepergian mereka tak ada SP (Surat Perintah) baik dari Mendagri maupun Gubernur," kata salah satu pejabat Pemkab kepada BANGSAONLINE.com, Sabtu (18/11/2017).

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO