Kenang Perjuangan Pelajar di Malang, Mendikbud Hadiri MTD Berpakaian TRIP

Kenang Perjuangan Pelajar di Malang, Mendikbud Hadiri MTD Berpakaian TRIP Wali Kota bersama istri dan jajaran Forkopimda Kota Malang, saat mengikuti lomba marut kelapa dalam ajang Malang Tempoe Doeloe (MTD), di Jl. Simpang Balapan Kota Malang, Minggu (12/11). foto: ist

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendi, Minggu (12/11), membuka Festival Malang Tempo Doeloe yang berlangsung di Jl.Simpang Balapan, . Masih dalam suasana , Muhadjir hadir dengan mengenakan seragam Tentara Republik Indonesia Pelajar (TRIP).

Mendikbud menyampaikan apresiasinya atas penyelenggaraan Malang Tempoe Doeloe (MTD). "Saya sebagai orang Malang merasa bangga. Kebetulan pas pulang kampung bisa hadir dan membuka sekaligus menyaksikannya,” tutur Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu.

Festival MTD itu, menurut Muhadjir, layak digelar untuk mengenang kembali atas banyaknya peristiwa sejarah dari masa kerajaan hingga perjuangan kemerdekaan yang ada dan terjadi di Buumi Arema.

Ia menceritakan, pada masa penjajahan, ada Pahlawan TRIP. Para pejuang yang masih pelajar itu bahu membahu turut berjuang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. "Di sekitar Jalan Ijen ini, dulunya pernah terjadi pertempuran sengit dan banyak pahlawan tentara pelajar yang gugur," kenangnya.

"Makanya di sebelah jalan Ijen yang dulunya bernama Jalan Salak itu diganti menjadi Jalan Pahlawan TRIP. Itu untuk mengenang pertempuran pada saat itu," terangnya.

Wali Muhammad Anton, secara khusus menyambut positif dan memberikan apresiasi, utamanya kepada semua pihak yang berkontribusi dalam mensukseskan acara yang digelar sejak 2006 itu. "Dan ini wujud kita, dalam rangka mengenang dan memperingati para pahlawan kita yang meninggal di ," pungkasnya. (iwa/thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO