Kamis, 23 November 2017 04:56

M. Jassin, Polisi Pencetus Polri yang Terlupakan Jasanya

Sabtu, 11 November 2017 11:23 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Anastasia
 M. Jassin, Polisi Pencetus Polri yang Terlupakan Jasanya
AKBP. dr. Dody Eko Wijayanto

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) bersama Kepolisian Daerah (Polda) Jawa timur melalui Satuan Pembina Masyarakat (Satbinmas) menggelar lokakarya kepahlawanan M. Jassin, sang pencetus Polisi Republik Indonesia (Polri) yang tak diakui jasanya hingga kini, di aula SMA St Louis Surabaya, Sabtu (11/11).

Dalam acara itu, Kepala Satbinmas AKBP. dr. Dody Eko Wijayanto menghadirkan seorang guru besar Universitas Surabaya Prof. Dr. Aminudin Kasdi. M Jassin adalah seorang pejuang yang mencetuskan istilah Polri pada 21 Agustus 1945, sedangkan saat ini Polri memilih hari jadinya pada tanggal 1 Juli.

Untuk itu, AKBP dr. Dody Eko Wijayanto berpendapat bahwa seharusnya hari Polisi jatuh pada tanggal 21 Agustus, bukan 1 Juli. Ini didasarkan pada fakta sejarah tentang Polri.

"Memang ada wacana terkait hari kelahiran Polri jika dikaitkan dengan sejarah adalah ketika Pak Jassin memprokamirkan Polisi istimewa itu menjadi Polisi Republik Indonesia. Ada monumennya juga di jalan Polisi Istimewa Surabaya. Barangkali lebih mengena jika hari polisi diperingati tanggal 21 Agustus," jelas AKBP Dody.

Dody akan membentuk sebuah panitia yang mengkaji wacana ini dan berniat digulirkan melalui seminar lokakarya hingga nasional.

"Sementara kita sebagai pengungkit sejarah, terutama dari media, kita viralkan agar ada tanggapan segala macam. Nanti akan mengerucut dalam seminar nasional dan kita rekomendasikan ke pusat semoga pak Kapolri mempertimbangkan usulan kita," terang dia.

Dalam waktu, dekat jajarannya juga berencana membuat sebuah film layar lebar mengulas peran Jassin dalam perjuangan kemerdekaan. "Jangka panjangnya seminar lokal, jangka panjangnya nasional. Saya juga menulis sebuah buku Pak Jassin sang proklamator Polri, sang pahlawan yang terlupakan," pungkas dia.

Sementara Prof. Dr. Aminudin Kasdi sepakat jika hari lahir Polri adalah 21 Agustus. Untuk itu pihaknya juga mendorong agar hari lahir Polri diubah tepat pada tanggal tersebut.

"Kita semua kan tahu tanggal 21 Agustus pada saat itu Pak Jassin berhasil mengambil alih markas polisi istimewa dan diproklamirkan menjadi Polri. Di situ ada keberanian tanpa diinstruksi tanpa diperintah untuk mengamankan keberadaan Republik Indonesia sehingga ini patut diapresiasi," ucap Aminudin.

"Wacana tersebut telah melalui penelitian yang dilakukan MSI kemudian ada tanggapan dari Polda. Kalau pada 1 Juli, saat itu merupakan hari di mana Polri berada di bawah perdana menteri, jadi kurang sesuai jika hari lahir Polri diperingati tanggal 1 Juli," paparnya.

Hari lahir suatu organisasi bisa saja diubah. Aminudin mencontohkan hal serupa juga pernah terjadi terkait hari lahir Surabaya. "Seperti hari jadi kota Surabaya, mulanya kan tanggal 6 April tahun 1105. Tapi ini kurang nasionalis, yang nasionalis tanggal 31 Mei tahun 1293," imbuh dia.

Di awal seminar ada hal tak biasa terjadi saat dinyanyikan lagi Indonesia raya. Panitia sengaja memutar lagu nasional ciptaan WR. Supratman tersebut dalam versi lengkap. (ana/ns)

Rabu, 22 November 2017 10:04 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*TANGGAL 21 November 2017 kemarin diperingati secara internasional sebagai Hari Pohon. Gerakan tanam pohon untuk bersedekah oksigen nyaris tidak terdengar secara massal di belantara ontran-ontran dramatik Ketua DPR RI Setya N...
Sabtu, 04 November 2017 19:50 WIB
​Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Setelah du...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 11 November 2017 10:48 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 16 November 2017 12:03 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Chelsea Louise Thompson, artis berusia 27 tahun ini pamer lekuk tubuh indahnya, di kamar mandi. Foto telanjangnya diupload dengan caption: Waktu mandi.Dalam foto itu, tampak satu lengannya dipergunakan untuk menut...