Selasa, 17 September 2019 12:26

Sosialisasi Pilgub, KPU Jatim Gelar Gerak Jalan Sadar Pemilukada

Senin, 30 Oktober 2017 00:43 WIB
Wartawan: M Didi Rosadi
Sosialisasi Pilgub, KPU Jatim Gelar Gerak Jalan Sadar Pemilukada

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sekitar 2000 orang warga Surabaya mengikuti Gerak Jalan Sadar Pemilihan kepala Daerah (Pemilukada) Serentak 2018 yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur. Kegiatan ini merupakan rangkaian sosialisasi kepada masyarakat di 171 lokasi seluruh Indonesia. Untuk Jatim tahun 2018 akan. Digelar pemilukada di 18 daerah plus pilgub. Diharapkan partisipasi Hak Pilih masyarakat pada pemilukada serantak 2018 dapat meningkat.

Hal iyu disampaikan oleh Ketua KPU RI Arif Budiman saat membuka dan memberangkatkan gerak Jalan sadar Pemilukada 2018 di KPU Jatim. Juga dihadiri Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali, Wakil Ketua Komisi Komisi II DPR RI Fandi Utomo, anggota DPD RI Ahmad Nawardi, Kabiro Administrasi Pemerintahan Setdaprov Jatim Anom Surahno, Ketua KPU Jatim Eko Sasmito dan jajarannya.

Menurut Arif dengan sosialisasi tersebut, bertujuan agar masyarakat menggunakan hak pilihnya pada pemilu nanti. "Bukan hanya tahu waktunya kapan, namun juga bagaimana menggunakan hak pilih," ujar Arif yang juga mantan Komisioner KPU Jatim ini‎, Minggu (29/10).

Lebih lanjut ia juga menyampaikan, gerak jalan merupakan salah satu cara sosialisasi yang dilaksanakan KPU guna mendongkrak partisipasi masyarakat. Ia mengaku, pihaknya memiliki berbagai strategi dalam menyosialisasikan pemilu. "Selain melalui relawan demokrasi, juga saat KPPS menyampaikan form C 6 maupun ketika pemutakhiran data pemilih (coklit)," tuturnya. 

Ia menambahkan, pada pemilukada mendatang, KPU RI menargetkan tingkat partisipasi masyarakat sekitar 77,5 persen. "Jatim harus bisa mencapai itu. Meski sebelumnya hanya 68 persen,"ujarnya.

Sementara itu Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas) KPU Jatim Gogot Cahyo Baskoro mengatakan, untuk gerak jalan sadar pemilukada di Jatim di Kantor KPU itu menyediakan 2000 tiket. "Alhamdulillah antusias yang ikut ramai sesuai dengan jumlah tiket yaitu 2000. Dan untuk hadiah jalan sehat sadar pemilukada ini di antaranya ada kulkas, sepeda, televisi, magic com, setrika," tuturnya.

Selain itu, pihak KPU Jatim juga melakukan sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018 mendatang. Yaitu tingkat keluarga dan warga internet (netizen). Dua sasaran itu dinilai penting dalam konteks kekinian, sesuai dan mengikuti perkembangan zaman.

“Basis keluarga dan netizen akan menjadi perhatian terkini dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih, selain sasaran yang lain. Itu juga merupakan amanah dari Peraturan KPU Nomor 8 Tahun 2017,” ujarnya.

Gogot menilai basis keluarga sangat tepat untuk sasaran sosialisasi dan pendidikan pemilih. Sebab, didalam keluarga terdapat pemilih yang sudah terdaftar dan anak selaku calon pemilih pemula. Penyelenggara pemilu sendiri juga bisa langsung berinteraksi dengan keluarga, sehingga sosialisasi dan pendidikan pemilih akan lebih tepat sasaran. “Metodenya bisa dilakukan saat coklit dan forum warga, sehingga lebih tepat sasaran,” terang Gogot.

Alumni Universitas Jember (Unej) ini menambahkan, terkait sosialisasi berbasis Netizen merupakan jawaban atas kondisi kekinian yang sudah memasuki era milenial dan digital. Dimana, keberadaan Netizen terutama yang berkaitan dengan media sosial (medsos) juga tidak bisa dikesampingkan. Terlebih, penduduk Indonesia termasuk Jawa Timur di dalamnya adalah banyak pengguna internet aktif.

“Sekitar 51 persen dari total penduduk Indonesia merupakan pengguna internet atau medsos. Ini yang akan kami sasar dalam sosialisasi dan pendidikan pemilih nanti,” terang aktivis GP Ansor Jember tersebut. (mdr)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Jumat, 13 September 2019 23:27 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag61. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa qaala a-asjudu liman khalaqta thiinaanDan (ingatlah), ketika Kami berfirman kepada para malaikat, “Sujudlah kamu semua kepada Adam,” ...
Sabtu, 17 Agustus 2019 11:29 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...