Peringati Hari Santri, Siswa MTs NU Sidomukti Gresik Sekolah Pakai Sarung

Peringati Hari Santri, Siswa MTs NU Sidomukti Gresik Sekolah Pakai Sarung Para pelajar MTs NU Sidomukti mengenakan sarung saat sekolah. SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ada pemandangan berbeda dari siswa-siswi MTs NU Desa Sidomukti, Kecamatan Kebomas, Senin (23/10/2017). Mereka sekolah tidak mengenakan seragam seperti biasanya, melainkan menggunakan sarung, baju koko, kopiah dan sandal.

Belakangan diketahui, mereka berpakaian ala santri itu ternyata dalam rangka memperingati (HSN) yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2017.

Kepala Sekolah MTs NU Sidomukti Muhammad Nasik mengatakan, selain HSN, sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Gresik itu memang membudayakan siswanya berpakaian ala pesantren, terutama saat peringatan hari besar Islam dan bulan Ramadhan.

"Ini bagian dari ikhtiar kami untuk melestarikan budaya pesantren," jelasnya

Pihak sekolah sengaja mewajibkan anak didiknya memakai pakaian ala santri di hari aktif sekolah karena menginginkan anak didiknya bisa menjiwai sikap dan akhlaq para santri.

"Suasana di dalam kelas layaknya suasana di pondok pesantren, lantaran para guru dan pelajar putra maupun putri mengenakan pakaian ala pesantren," papar Abdul Musnawawi, salah satu siswa. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO