Selasa, 10 Desember 2019 00:57

Lagi, Proyek Pipa Gas di Gresik Diduga Tak Berizin, Camat Manyar Minta Dihentikan

Kamis, 05 Oktober 2017 19:41 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Lagi, Proyek Pipa Gas di Gresik Diduga Tak Berizin, Camat Manyar Minta Dihentikan
Camat Manyar Abdul Hakam ketika meminta pekerja menghentikan proyek pemasangan pipa gas. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Proyek pipa gas diduga tak mengantongi izin kembali mencuat di Gresik. Kamis (5/10/2017) siang, Camat Manyar, Abdul Hakam bersama warga menghentikan proyek pemasangan pipa gas di wilayahnya, tepatnya di Desa Manyarrejo.

"Kami hentikan proyek pemasangan pipa gas yang dikerjakan oleh PT. Arandra Citra Mandiri di sepanjang jalur pantura jalan Raya Manyar karena ada tengara tidak prosedural. Proyek belum meminta izin dari warga sekitar, diduga juga tidak ada utilitas (izin pemendaman) dan lainnya," ujar Abdul Hakam kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (5/10/2017).

Tidak hanya minta dihentikan, Hakam, begitu panggilan akrabnya, juga meminta pelaksana agar mencabut lempengan besi yang digunakan untuk menggali tanah dan memendam pipa. "Nanti malam (Kamis malam, red) pelaksana berjanji mengembalikan tanah yang telah digali," jelasnya.

Diungkapkan Hakam, penghentian proyek pipa gas ini lantaran banyaknya keluhan dan pengaduan dari warganya. "Saya hampir setiap menit ditelepon warga, belum lagi yang mengadu secara langsung terkait proyek tersebut. Sedangkan saya sendiri sebagai Camat belum pernah diajak ngomong maupun koordinasi terkait proyek pipa gas tersebut," akunya.

"Saya menyadari warga saya masih trauma terkait rusaknya jalan di Desa Betoyo Manyar yang salah satu faktornya proyek penanaman pipa. Jangan sampai terulang kembali warga frontal melakukan aksi-aksi lagi karena memprotes proyek," paparnya.

Salah satu warga, H. Syafak, yang rumah dan tokonya terkena proyek mengaku sangat kecewa karena pihaknya tidak pernah diberitahu jika ada proyek pipa gas. "Sejak ada proyek pipa tiga hari lalu, rumah dan toko saya tidak bisa dilalui. Mobil saya juga terpaksa diparkir jauh dari rumah karena jalan masuk ke garasi digali sedalam dua meter," keluhnya.

"Tidak hanya itu, air PDAM juga mati total karena pipanya jebol terkena alat berat. Toko saya sepi, orang malas datang karena persis di depan toko ada alat berat yang menutupi toko," kata mantan anggota DPRD Gresik asal Partai Demokrat ini.

Di sisi lain, sejumlah pekerja PT Arandra Citra Mandiri mengaku tidak tahu soal perizinan saat dikonfirmasi wartawan. "Pokoknya tugas kita menggali, menanam pipa lalu meratakan kembali tanah. Soal perizinan atau sosialisasi, itu urusan manajemen," ujar salah satu pekerja.

Anton, yang mengaku dari pihak PT Arandra Citra Mandiri juga mengaku tidak bisa memberikan penjelasan. "Maaf pak kami tidak bisa memberikan penjelasan, bapak langsung ke humasnya saja, nanti tak kirim kontaknya," kata Anton melalui selulernya. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 09 Desember 2019 06:11 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Untuk menyambut peringatan hari jadi Banyuwangi (Harjaba) ke-248 pada 18 Desember 2019, Kabupaten yang berjuluk The Sunrise of Java ini menggelar parade seni budaya Kuwung dengan tema "Gumelare Bumi Blambangan" Sab...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, SH, MBA Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang peruba...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...