Berawal dari Memanfaatkan Sapi Betina, Munculah Tradisi Sapi Sonok di Madura

Berawal dari Memanfaatkan Sapi Betina, Munculah Tradisi Sapi Sonok di Madura Tampilan sapi sonok. foto: Tari/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Pulau Madura memang identik dengan sapi kerap. Dan sapi kerap itu semuanya adalah sapi jantan. Lantas? Bagaimana dengan sapi betina? yang juga diperlakukan sangat istimewa dalam pemeliharaan?

Maka, muncullah tradisi sapi sonok. Yaitu tampilan sepasang sapi betina yang diperlakukan secara “manja” oleh pemiliknya dengan perlakuan-perlakuan khusus yang berbeda dengan sapi pada umumnya.

Sapi–sapi unggul dari berbagai penjuru Pulau Madura itu bersiap mengikuti kontes sapi sonok, ajang silaturahmi para pemilik sapi di Madura yang dikembangkan menjadi kontes sapi sejak tahun 1951.

Sapi sonok ini berbeda dengan kerapan sapi. Kerapan sapi merupakan sepasang sapi jantan yang dinilai dari kecepatan lari, sedangkan sapi sonok merupakan sepasang sapi betina yang dihias cantik dan dimanja. Penilaian tertuju kepada kecantikandan keanggunan sapi. Sapi-sapi ini dirawat agar bulunya bagus, badannya sintal dan bisa berjalan serempak bersama pasangannya seerti pasukan yang sedang baris-berbaris.

Sapi sonok ini tidak dipacu dan ditunggangi. Ia, malah diiringi musik dan tari-tarian saronen.

Seperti layaknya model yang hendak melenggang di catwalk, sapi – sapi itu didandani dengan selempang keemasan di leher serta dada. Di leher sapi dipasang pangonong yaitu kayu perangkai sapi yang diukir indah dengan perpaduan warna merah dan kuning emas.

Penilaian pada kontes Sapi Sonok, disamping keindahan berjalan, juga pakaian yang dikenakan pasangan sapi, juga menentukan keserasian pasangan sapi ketika sampai di garis finish. Kaki depan kedua pasangan Sapi Sonok harus bersamaan naik ke altar yang terbuat dari kayu.

Hal ini menentukan bagus tidaknya sapi dalam kontes. Setelah mencapai garis finish para pemilik sapi langsung menari dengan para sinden yang menari mendampingi pasangan sapi kebanggaan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO