Santuni Kaum Disablitas, Bupati Trenggalek: Teruslah Mandiri dan Berkarya

Santuni Kaum Disablitas, Bupati Trenggalek: Teruslah Mandiri dan Berkarya Bupati Emil menyalami penyandang disabilitas di Kecamatan Tugu, Trenggalek.

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Semangat berkarya dan mandiri digelorakan Bupati Trenggalek Emil Dardak, kepada para penyandang disabilitas. Ini, disampaikan Emil, saat digelar pertemuan rutin perkumpulan penyandang disabilitas Suara Insani, anggota keluarga besar Kube dan Convention, di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek.

Sebaliknya, Bupati Emil juga mengimbau warga masyarakat untuk bisa menampung karya luar mereka. "Penyandang disabilitas pastinya memiliki tantangan yang berat dalam kehidupan kesehariannya. Namun dengan semangat yang tinggi, tantangan ini bisa dihadapi," katanya.

Kegigihan ini, lanjut Emil, ditunjukkan dengan karya yang luar biasa. “Saya yakin dan berdoa mudah-mudahan masyarakat Trenggalek mau menampung karya-karya penyandang disabilitas ini."

Diharapkan, karya-karya penyandang disabilitas bisa memenuhi seluruh Kabupaten Trenggalek. Apalagi, karya mereka luar biasa.

Kabid Rehabilitasi Sosial Dinsos P3A Trenggalek Zaenal Abidin mengakui, jumlah penyandang disabilitas di Trenggalek, cukup besar. Karena itu, pemerintah terus berupaya menumbuhkan kemandirian bagi kelompok ini. Beberapa upaya yang dilakukan, seperti memberi pelatihan keterampilan kepada masyarakat berkebutuhan khusus ini.

Namun, Zaenal menyayangkan, masih ada sebagian warga yang kurang peduli terhadap hasil karya masyarakat disabilitas, atau enggan memakai tenaga mereka dalam usahanya. Dengan memberikan pelatihan, diharapkan para penyandang disabilitas bisa mandiri.

Dalam kegiatan tersebut, disalurkan santunan kepada penyandang disabilitas, yatim disabilitas, yatim lingkungan dan lansia lingkungan oleh Bupati Trenggalek. Juga, pemberian bantuan sebesar Rp 10 juta untuk kelompok penyandang disabilitas Suara Insani. (man)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO