Melihat Aktivitas Pondok Lansia di PPDU Jombang, Rela Jauh dari Keluarga Demi Belajar Agama

Melihat Aktivitas Pondok Lansia di PPDU Jombang, Rela Jauh dari Keluarga Demi Belajar Agama Santri lansia di PPDU Rejoso Jombang saat membaca Al-qur’an. foto: ROMZA/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Bulan Ramadhan menjadi kesempatan berharga bagi ratusan ibu-ibu yang sudah berusia lanjut (lansia) di Kabupaten Jombang. Bagaimana tidak, demi memperdalam ilmu agama, para lansia memilih menjadi santri di Pondok Darul Ulum (PPDU) Rejoso Peterongan Jombang.

Sedikitnya ada 160 santri lansia yang meninggalkan keluarganya di rumah hanya untuk menjadi santri. Mereka sejak awal bulan ramadhan sudah berada di PPDU untuk mengikuti kegiatan ramadhan.

Selama di pondok, para lansia ini melaksanakan berbagai aktivitas setiap harinya. Ketika ada waktu longgar mereka berzikir, ada yang membaca Al-Quran, bahkan ada yang sekedar tidur-tiduran di dalam kamar bersamanya.

Seperti yang diakui Katinah (63), warga Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang. “Kalau ngaji sama Pak Yai biasanya jam 4 sore dan setelah subuh. Selain ngaji sama pak yai, saya mengaji, berdzikir, juga yang lain,” katanya saat ditemui Bangsaonline, Senin (5/6/2017).

Sebagai santri, ibu-ibu lansia ini juga membawa perbekalan seperti layaknya santri pada umumnya. Mereka membawa pakaian, alat mandi, serta perlengkapan beribadah. “Kita kan tidak hanya satu atau dua hari di sini (pondok, red). Nanti sampai akhir ramadhan juga tetap di sini. Jadi harus bawa perbekalan,” beber Katinah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO