Jelang Ramadan, Satgas Stabilitas Sembako Kabupaten Gresik Dikukuhkan

Jelang Ramadan, Satgas Stabilitas Sembako Kabupaten Gresik Dikukuhkan Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito saat melantik Satgas Stabilitas Sembako. foto: syuhud almanfaluty/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 12 orang pejabat mewakili institusi serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Gresik dikukuhkan Kapolres setempat AKBP Boro Windu Danandito sebagai Satgas (satuan tugas) stabilitas sembako (sembilan bahan pokok) di Ruang Puteri Cempo, Selasa (16/5/2017). Pengukuhan satgas ini dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Turut hadir sebagai saksi pada pengukuhan tersebut Bupati Sambari Halim Radianto serta Ketua DPRD Abdul Hamid.

Dengan adanya Satgas ini, Bupati berharap agar harga bahan pokok di Gresik selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1437 H tidak mengalami gejolak. “Jangan sampai masyarakat Gresik kesulitan membeli bahan kebutuhan pokok,” ujarnya usai pengukuhan, .

Bupati berjanji akan menggelar operasi pasar apabila harga-harga dirasa sudah tidak terkendali. "Tolong kepada beberapa OPD untuk menghubungi Bulog, serta beberapa pabrikan agar kami diberi harga khusus untuk dijual kepada masyarakat dalam pasar murah saat acara Safari Ramadan. Ongkos angkut dan distribusi tidak usah dihitung. Kami akan siapkan truk sendiri," jelas Sambari.

Bupati juga meminta Satgas stabilitas sembako agar mengawasi stabilitas harga 4 bahan pokok meliputi ayam, telur, bawang putih, cabe dan kedelai. "Empat bahan pokok tersebut memang tidak diproduksi di Gresik, mohon kepada tim untuk menjaga pasokan dan harganya," pintanya.

Hal senada diungkapkan Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito. Ia berharap kepada semua pihak untuk membantu kestabilan harga sembako. “Kami akan mengerahkan tim saber pungli yang akan mengawasi di lapangan,” katanya.

Sementara Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Gresik, Suyono, menyatakan bahwa Satgas Stabitas Sembako dalam beberapa hari ke depan akan melakukan pemantauan ke pasar.

"Kami akan melihat langsung sampai sejauh mana harga sembako yang ada di pasar Gresik. Kami bandingkan dengan harga data harga pasar yang diterbitkan oleh Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag," katanya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro Dan Perindag, Agus Budiono menyampaikan bahwa sampai sejauh ini harga sembako dan pasokannya di pasar Gresik masih stabil. "Dari beberapa kali saya blusukan ke pasar untuk melakukan pendataan harga, pasokan serta harga sembako, utamanya beras, minyak goreng, gula dan tepung terigu keadaannya masih stabil dan pasokannya cukup," pungkasnya. (hud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO