Buka Baksos Operasi Katarak Gratis, Pangarmatim: Ini Wujud Kepedulian TNI AL terhadap Masyarakat

Buka Baksos Operasi Katarak Gratis, Pangarmatim: Ini Wujud Kepedulian TNI AL terhadap Masyarakat

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., secara resmi membuka kegiatan Bakti Sosial (Baksos) kerjasama TNI AL dengan Yayasan Baitul Al Khoiriyah Bandung dan International Islamic Charity Organization (IIOO) Kuwait, bertempat di gedung Serbaguna (GSG) Jalan Mangkara Rumah Sakit Angkatan Laut (Rumkital) dr. Ramelan Surabaya, Selasa (25/04/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat hari mulai tanggal 25 – 29 April 2017. Kegiatan ini di antaranya adalah operasi katarak gratis yang diikuti 400 pasien yang masing-masing tiap hari melayani 100 pasien.

Dalam amanatnya Pangarmatim menyampaikan, bahwa bakti sosial operasi katarak ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI AL terhadap masyarakat yang memerlukan perhatian dan sentuhan sosial agar mampu berperan serta di dalam pembangunan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Bahwa penyakit katarak merupakan salah satu penyebab terbanyak gangguan penglihatan dan kebutaan di dunia, yang dapat ditangani dengan hasil baik dan “Costeffective” di berbagai negara termasuk Indonesia," ujarnya.

Untuk menangani permasalahan kebutaan dan gangguan penglihatan, WHO membuat Program “Vision 2020” yang direkomendasikan untuk diadaptasi oleh negara-negara anggotanya.

"Di Indonesia telah dicanangkan sejak tanggal 15 Februari tahun 2000 oleh Presiden RI. Untuk mencapai “Vision 2020”, perlu Komitmen dari Pemerintah baik dari pusat maupun daerah, partisipasi masyarakat, swasta dan dukungan dari lintas sektor dalam upaya penaggulangan kebutaan," sambungnya.

Di akhir amanatnya Pangarmatim berharap kegiatan bakti sosial ini membawa dampak yang positif bagi Bangsa Indonesia khususnya masyarakat Jawa Timur dalam peningkatan derajat kesehatannya.

Hadir pada Acara tersebut di antaranya, Karumkital dr. Ramelan Surabaya Laksma TNI dr. I.D.G. Nalendra, D.I., Sp B., Sp.BTKV (K), Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H., Wakil gubernur AAL Brigjen TNI (Mar) Rudy Andi Hamzah, S.E., Ketua Daerah Jalasenastri Armatim (KDJA) Ny. Ina Darwanto, serta Duta Besar Kuwait Bapak Abdul Wahab AL Sager, Ketua Yayasan Baitul Al Khoiriyah Bandung Ibu Nadya A. Sodiq Bawazier serta Ibu Sheikha Mariam. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO