Kades Ring 1 JOB PPEJ Bojonegoro Bikin Agro Kuliner Berbasis Edukasi

Kades Ring 1 JOB PPEJ Bojonegoro Bikin Agro Kuliner Berbasis Edukasi

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Desa Campurrejo, Kecamatan/Kota Bojonegoro, membuat terobosan baru dalam rangka memanfaatkan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Desa yang merupakan ring I operator Migas Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB PPEJ) itu membuat Agro Kuliner berbasis edukasi.

Agro Kuliner itu dinamai Kedai Kanoman. Itu merupakan bentuk kemandirian dari desa setempat untuk meningkatkan perekonomian warganya. Yang mana pembuatan Angro Kuliner tersebut menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang disinergikan dengan dana Corporate Social Responsibility (CSR) dari perusahaan JOB PPEJ.

Kepala Desa Campurejo, Edi Sampurno mengatakan, pusat kuliner yang dibangun itu juga sebagai wahana edukasi yang juga dilengkapi taman baca. Agro Kuliner tersebut berdiri di atas Tanah Kas Desa (TKD) desa setempat yang kurang produktif.

"Ini luas lahannya sekitar 2 hektar. Sudah dibuatkan Perdes (Peraturan Desa) untuk pembuatan Agro Kuliner yang baru ada di Kabupaten Bojonegoro," terang Edi Sampurno, Senin (24/4).

Menurut Kades, pembangunan Agro Kuliner tersebut dibentuk dengan konsep tradisional dengan menyediakan menu tradisional khas dari desa tersebut. Pembangunan tempat kuliner itu sudah mulai berjalan dan hampir rampung dengan pembangunan fisik yang juga dilengkapi berbagai tanaman buah, seperti strawberry sebagai uji coba dan jenis lainnya.

Inovasi pembuatan Kedai Kanoman tersebut bukan untuk individu dari pihak desa. Melainkan bertujuan untuk mengangkat dan meningkatkan perekonomian bagi warga masyarakat sekitar dan akan muncul peluang tenaga kerja yang bisa dimanfaatkan warga desa ring I perusahaan tersebut.

Akbar Pradima, Field Admin Superitendent (FAS) JOB PPEJ menyatakan mendukung dengan adanya warga binaan yang bisa berkembang kreatif. Pasalnya dengan adanya dana CSR dari perusahaan bisa dikembangkan oleh pihak desa guna menggerakkan dan meningkatkan perekonomian bagi warga masyarakatnya.

"Prinsipnya kita mensuport kegiatan program kuliner di lokasi desa binaan kami. Ini merupakan program yang sangat bagus dari desa yang bisa menggerakkan dan meningkatkan perekonomian masyarakatnya," terang Akbar.

Diharapkan kegiatan prositif dan inovasi yang dilakukan oleh pihak Desa Campurejo, Kecamatan/Kota Bojonegoro itu juga bisa diterapkan oleh desa-desa lain dalam pengelolaan dana CSR. Sehingga manfaat dari CSR yang telah diberikan oleh perusahaan mampu memberikan manfaat perekonomian bagi warga sekitar perusahaan. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO