Sabtu, 24 Juli 2021 08:59

Arumi Bachsin Dukung Pembibitan Bunga Krisan di Bojonegoro

Senin, 07 Juni 2021 20:43 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Eky Nurhadi
Arumi Bachsin Dukung Pembibitan Bunga Krisan di Bojonegoro
Arumi Bachsin saat mengunjungi Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Jawa Timur Arumi Bachsin mengapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dan Pemerintah Desa Klino, Kecamatan Sekar yang kini menjadi desa percontohan budi daya bunga krisan.

Kata Arumi, bunga krisan ke depan punya peluang bisnis yang bagus dan prospek, sehingga dia optimistis bisa mendongkrak pendapatan desa dan masyarakat di sekitarnya.

Bunga dengan nama ilmiah chrysanthemum ini, selain dibuat tanaman hias pekarangan juga bisa diolah menjadi minuman teh krisan. Krisan pada awalnya bunga liar, karena keindahan dan manfaat kini memiliki nilai ekonomis dan mulai dibudidayakan di Indonesia termasuk di Klino, Bojonegoro.

Arumi Bachsin menyebut, pusat potensi bunga krisan berada di Jepang sehingga dia menyarakan agar pemerintah tidak tanggung-tanggung dalam pemasarannya.

BACA JUGA : 

Terpapar Virus Corona, Bupati Bojonegoro Kerja dari Rumah Sakit

Bojonegoro Terapkan PPKM Darurat, Sekolah Daring hingga Warung Makan Hanya Layani Delivery

Mutasi di Tengah Pandemi, Bupati Bojonegoro Minta Pejabat Selalu Semangat

Covid-19 Meningkat, Wabup Budi Irawanto Semangati Tenaga Kesehatan RSUD Bojonegoro

"Potensi yang ada segera dimaksimalkan dan jangan tanggung-tanggung dalam pembibitannya. Jika berhasil ke depan bisa diekspor ke negara yang membutuhkan," ujar istri Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak ini saat di Bojonegoro, Senin (07/06/21).

Pembibitan bunga krisan di Desa Klino ini sudah dilakukan sejak 25 Mei kemarin. Ada sebanyak 5.000 bibit bunga krisan yang ditanam di dalam screenhouse.

"Desa Klino ini nantinya bisa menjadi desa percontohan budidaya bunga krisan, karena iklim dan ketinggian yang sesuai. Ketinggian Desa Klino kurang lebih 500 mdpl di kaki Gunung Pandan, dan cocok sebagai tempat tumbuh bunga krisan," ujar Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah menambahkan.

Bibit bunga krisan itu didatangkan dari Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Pembibitan itu juga merupakan bentuk kerja sama dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Balitbangtang Yogyakarta dengan Pemkab Bojonegoro.

"Lokasi pengembangan bunga krisan di Desa Klino sesuai dengan perencanaan kawasan, di mana ke depan akan dibangun exit tol sudetan jalur Tol Solo – Surabaya melalui Tol Ngawi, Caruban, Nganjuk - Bojonegoro," jelas Anna.

Sementara itu, luas area pembibitan sebesar 8 x 4 meter dengan menggandeng ibu-ibu Kelompok Tani Wanita Mekar Sari, Desa Klino. Pembibitan dilakukan di tanah khas desa (TKD). Jenis varietasnya antara lain, Sasikirana, Puspita Nusantara, Socakawani, Trissa Abrihorti, Kineta, Green Song, dan Shieena. (nur/ian)

HUT ke-7 BANGSAONLINE.com, Dimeriahkan Lomba Desain Logo dan Tumpengan Bersama Anak Yatim
Sabtu, 24 Juli 2021 01:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 BANGSAONLINE.com berlangsung khidmat dengan mengikuti protokol kesehatan secara ketat. HUT ke-7 BANGSAONLINE.com digelar secara terbatas, tapi tetap mengundang para anak yatim untuk doa bersama...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 20 Juli 2021 16:57 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan - Saya ingat ketika sekolah madrasah di kampung. Nama sekolah saya Madrasah Miftahul Choir. Di Desa Patemon, Kecamatan Tanah Merah. Kabupaten Bangkalan Madura.Ustadz Tasik, guru saya, selalu mengingatkan tentang dua kerusa...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...