Bau Menyengat Saat Musim Hujan, Dewan Pasuruan Desak BLH Serius Kelola TPA Kenep

Bau Menyengat Saat Musim Hujan, Dewan Pasuruan Desak BLH Serius Kelola TPA Kenep TPA di Kenep, Beji, Pasuruan.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Penanganan ribuan kubik sampah di TPA Kenep Beji, Kabupaten Pasuruan dianggap masih rendah. Hal ini membuat kalangan dewan mendesak agar pihak terkait serius melakukan penanganan.

Pasalnya, di saat musim hujan seperti ini, bau lendir limbah sampah sangat menyengat dan longsor sehingga secara tidak langsung membahayakan masyarakat sekitar.

Desakan tersebut salah satunya disampaikan oleh Rusdi Sutejo, Ketua Komisi III. Ia meminta agar pihak BLH serius dalam penanganan sampah di TPA mengingat saat ini masih memasuki musim hujan.

"Dikhawatirkan tumpukkan sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah bagi warga sekitar, seperti lendir busuk yang bisa mengganggu kesehatan warga sekitar. Kita minta pengelolaan dan penanganan di TPA oleh BLH lebih maksimal lagi karena saat ini masih musim hujan, agar tidak menimbulkan masalah kesehatan bagi warga," jelas politisi Gerindra ini.

Terpisah, kepala BLH, Ir Muchaimin yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com menjelaskan bahwa pada 2017 ini pihaknya telah menganggarkan ratusan juta rupiah untuk pengelolaan TPA Kenep. Anggaran itu di antaranya untuk penanganan landfill dengan tanah uruk yang berfungsi untuk aliran cemaran limbah dari sampah.

"Anggaranya sekitar Rp 200 juta rupiah untuk peningkatan control landfill," jelas Ir Muchaimin

Control Landfill ini, kata Muchaimin, nantinya bisa bisa mengolah lendir  sampah agar tidak memimbulkan bau busuk bagi warga sekitar TPA. "Pihak BLH akan mengupayakan waktu pelaksaan kegiatan secapatnya," tambahnya.

Muchaimin menjelaskan teknis penanganan lendir, yakni nantinya akan dipasan lapis dasar (liner) yang bertujuan untuk mengurangi mobilitas lendir masuk ke dalam air tanah, serta mencegah mingrasi cemaran ke lingkungan. (psr3/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'TPA di Desa Kenep Pasuruan Terbakar, Diduga Gara gara Puntung Rokok':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO