Rabu, 27 Mei 2020 11:18

DPRD Jatim Berharap Pemprov Bantu Percepatan Perbaikan Rumah Korban Puting Beliung Krian

Jumat, 17 Februari 2017 20:59 WIB
DPRD Jatim Berharap Pemprov Bantu Percepatan Perbaikan Rumah Korban Puting Beliung Krian
Dokter Agung dan Dokter Benny saat meninjau rumah yang rusak akibat hantamanbputing beliung. foto: Komisi E DPRD Jatim for BO

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bencana angin ribut atau puting beliung yang terjadi di wilayah Kecamatan Krian, Kabupaten Sidoarjo turut menjadi perhatian Komisi E DPRD Jawa Timur. Komisi yang membidangi kesejahteraan rakyat ini segera berkomunikasi, baik dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten Sidoarjo agar segera memperbaiki rumah korban puting beliung. Pasalnya, kalau tidak segera ditangani bisa berdampak pada kesehatan warga.

"Jangan sampai rakyat nenderita akibat puting beliung ini. Pemerintah harus segara hadir saat masyarakat membutuhkan. Butuh penangan secara cepat," ujar Ketua Komisi E DPRD Jatim Agung Mulyono, Jumat (17/2).

Agung melanjutkan, perbaikan bencana yang menyapu 423 rumah di dua desa Kecamatan Krian tersebut sifatnya urgent. Sebab, banyak dari anak-anak dan manula yang juga tidak bisa tinggal secara normal dengan rusaknya rumah.

"Saya rasa Pemprov perlu hadir untuk mempercepat perbaikan. Selain juga akan kami kordinasikan dengan Pemkab Sidoarjo untuk juga segera melakukan perbaikan," jelasnya.

Politisi asal Partai Demokrat ini pun menargetkan paling tidak dalam tiga hingga satu minggu ke depan perbaikan sudah dilakukan. Sehingga bisa segera ditempati oleh warga. Jika tidak, pihaknya khawatir akan menimbulkan dampak kesehatan. Dan hal itu bisa merugikan masyarakat di Sidoarjo.

"Kami akan targetkan seminggu rumah yang rusak sudah bisa ditempati," imbuh alumni Fakultas Kedokteran Unair itu.

Selain itu, Agung juga meminta kepada pelayanan kesehatan untuk menambah jam buka pelayanan agar masyarakat yang ingin berobat akibat bencana bisa terlayani sepenuhnya.

"Saya minta jam buka pelayanan ini diperpanjang. Kalau hari ini buka sampai pukul 13.00, kami minta untuk buka sampai sore. Sehingga warga yang masih sibuk pada pagi hari, bisa berobat pada sore harinya," tandas politisi asal Banyuwangi ini.

Hal senada juga diungkapkan oleh Anggota Komisi E DPRD Jatim Benjamin Kristanto. Dirinya mengatakan, selain rehab fisik juga diharapkan ada perhatian dari pemerintah mengenai kesehatan korban puting beliung. "Yang terpenting itu kan papan. Itu sangat penting juga. Dan dalam bencana kali ini, diharap segera diperbaiki," kata politisi yang akrab disapa Benny tersebut.

Anggota dewan asal dapil satu tersebut mengingatkan, agar jangan sampai justru musibah puting beliung memiliki dampak pada kesehatan karena diabaikan oleh pemerintah. "Kesehatan juga perlu diperhatikan. Dan tidak lupa saya imbau kepada siapa saja yang ingin menyalurkan bantuan bisa langsung datang, disalurkan langsung ke posko bencana," tandasnya.

Sementara itu, Kadis PU cipta karya Jatim Cipto Wiyono saat dikonfirmasi mengaku akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk rehab fisik rumah warga yang rusak. "Kami akan segera koordinasikan dengan BPBD jaDPRD Jatim Harap Pemerintab Bantu Percepatan Perbaikan Korban Bencana. (mdr/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Selasa, 26 Mei 2020 23:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*22. Sayaquuluuna tsalaatsatun raabi’uhum kalbuhum wayaquuluuna khamsatun saadisuhum kalbuhum rajman bialghaybi wayaquuluuna sab’atun watsaaminuhum kalbuhum qul rabbii a’lamu bi’iddatihim maa ya’lamuhum...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...