Jumlah Muslim Kuba Terus Meningkat, Banyak Warga Masuk Islam setelah Diskusi

Jumlah Muslim Kuba Terus Meningkat, Banyak Warga Masuk Islam setelah Diskusi Sebagian muslim Kuba.

ATLANTA, BANGSAONLINE.com - Jumlah populasi Muslim di Kuba terus mengalami peningkatan. Saat ini terdapat 9.000 Muslim di Kuba dari keseluruhan penduduk Kuba yang berjumlah 11,3 juta. Walaupun merupakan minoritas, namun peningkatan jumlah Muslim di Kuba naik secara siginifikan jika dibandingkan pada awal 1990an yang hanya berjumlah sekitar 12 orang.

Menurut Michael Leo Owens, profesor ilmu politik di Universitas Emory Atlanta, Partai Komunis telah membuat keputusan untuk membuka pluralitas agama. Hal ini akan membuat Islam secara alami tumbuh di Kuba.

Dilansir dari http://europe.newsweek.com (27/12), karena tidak ada warisan Islam di Kuba, kebanyakan Muslim di Kuba merupakan yang menemukan Islam setelah berdiskusi dengan siswa atau diplomat dari negara-negara mayoritas Muslim yang berkunjung ke negara tersebut. Seorang jurnalis foto yang berbasis di Barcelona, Joan Alvado telah memotret kehidupan Muslim Kuba sejak tahun 2014.

Ia memutuskan untuk kembali ke Kuba dan memotret kembali kehidupan Muslim di penjuru kota. Menurut Alvado, tak seorang pun di Havana maupun temannya yang berasal di Kuba mengetahui bahwa ada Muslim di Kuba. Padahal, populasinya terus bertambah.

Osman Reyes, salah seorang Muslim di Kuba mengaku masuk Islam pada bulan Juni 2015. Dia mengatakan agama membantunya merasa lebih bebas.

Reyes tinggal di dekat kota Camaguey, di mana umat Islam setempat mendirikan sebuah masjid sederhana di dalam rumah pribadi pada awal 2000-an. Saat ini, terdapat Islamic Centre di Ibu Kota Kuba, Havana yang dibuka Juni 2015 lalu. Di masjid ini terdapat imam dan guru yang dapat membimbing dan mengajarkan Islam kepada Muslim Kuba yang sebagian besar .

Ini dikarenakan, para Kuba belum memahami ajaran Islam secara utuh. Sebagian mereka masih mempraktekan pola hidup sebelum memeluk Islam. Seperti mengkonsumi makanan atau minuman yang dilarang dalam hukum Islam.

Di samping menjadi tempat belajar, Islamic Centre juga mendistribusikan busana Muslim untuk pria dan wanita dan menyumbangkan domba kepada jemaat selama bulan Ramadhan. Pada awal 1990-an, warga Muslim di Kuba menghadapi kesulitan untuk mempraktekan ajaran agama mereka oleh rezim penguasa. Bahkan, Muslim sempat memperoleh penganiayaan. (rol/dur)

Sumber: Republika.co.id

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO