Banyak Sampah Plastik di Pesisir Pelabuhan Panarukan, KLH Situbondo Gelar Coastal Clean Up

Banyak Sampah Plastik di Pesisir Pelabuhan Panarukan, KLH Situbondo Gelar Coastal Clean Up Direktur Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Pesisir dan Laut (PPKPL) pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Heru Waluyo (pakai topi), memungut sampah-sampah plastik di pesisir pelabuhan Panarukan Situbondo.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten menggelar Kegiatan Coastal Clean Up atau bersih-bersih sampah di pesisir dan pantai. Acara tersebut digelar di Desa Kilensari Kecamatan Panarukan, Sabtu (3/12) kemarin.

Lingkungan pesisir dan laut di khususnya di Desa Kilensari (Panarukan), sangat menghawatirkan, sehingga sangat diperlukan untuk melakukan upaya pemulihan kualitas lingkungan pesisir dan laut di daerah tersebut.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) , Kholil mengatakan, Kegiatan Coastal Clean Up atau bersih-bersih sampah di pesisir dan pantai merupakan langkah awal, karena masalah sampah tidak bisa diselesaikan secara cepat. 

"Ini masih langkah awal, untuk selanjutnya kita akan melakukan penanaman berbagai jenis pohon termasuk mangrove dan pendampingan pengelolaan sampah secara mandiri," katanya

Ia mengungkapkan, rangkaian kegiatan yang difasilitasi oleh lembaga Format For Green tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab dan PT. Pembangkit Jawa – Bali (PJB) mulai dari Kantor Pusat, UP Paiton dan UBJ & OM.

"Masalah kebersihan di pantai ini harus mendapat perhatian dari semua pihak, terutama masyarakat yang bertempat tinggal didaerah pesisir," tutur Kholil.

Pantauan BANGSAONLINE.com, Kegiatan Coastal Clean Up atau bersih-bersih pantai diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, seperti ratusan pelajar dari tingkat SD, SMP, SMU maupun Pramuka, GP Ansor, Perguruan Setia Hati Teratai, dinas-dinas terkait, kelompok pecinta alam, dan warga setempat Desa Kilensari Kecamatan Panarukan.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO