Air di Hulu Naik, Bojonegoro Bersiap Dapat Kiriman Air Lagi

Air di Hulu Naik, Bojonegoro Bersiap Dapat Kiriman Air Lagi Alat berat sedang memperbaiki tanggul anak Sungai Bengawan Solo secara darurat, agar air tidak meluber dan menggenangi ratusan hektare tanaman padi. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Situasi debit air Sungai Bengawan Solo di wilayah Bojonegoro menunjukkan penurunan sejak tadi malam hingga pagi ini, Senin (28/11). Namun, di wilayah hulu Madiun terpantau menunjukkan kenaikan lagi. Sehingga wilayah Bojonegoro nanti sore diprediksi bakal naik lagi.

Ketinggian air sungai terpanjang di pulau jawa itu di Bojonegoro pada titik 13.98 peilschaall (siaga I) pada pukul 10.00 WIB atau sudah turun 5 centimeter dari pukul 09.00 WIB yang mencapai titik 14.03 peilschaall (siaga II).

Namun, di papan duga Karangnoko, Kecamatan Ngraho, atau perbatasan Bojonegoro - Madiun kembali menujukkan angka kenaikan, yakni pada titik 26.25 peilschaall pukul 10.00 WIB.

"Karangnongko naik 25 centimeter dari jam sebelumnya. Kemungkinan masih akan terus naik. Sehingga masyarakat Bojonegoro kami himbau waspada kembali," kata Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo.

Sementara itu, debit air Sungai Bengawan Solo di wilayah timur Bojonegoro, tepatnya Kecamatan Kanor dan Baureno masih mengalami kenaikan meski pelan. Ratusan rumah tergenang sejak kemarin. Warga di berbagai desa sibuk memperbaiki tanggul-tanggul kali yang sedang kritis dan amber. Warga khawatir tanggul jebol dan merendam tanaman padinya. (nur/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO