Hari Pahlawan, SMP Iswada Sidoarjo Gelar Parade hingga Tahlil Bersama

Hari Pahlawan, SMP Iswada Sidoarjo Gelar Parade hingga Tahlil Bersama SEMARAK: Siswa SMP Iswada mengenakan kostum daur ulang saat parade memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember, Jumat (11/11). foto: mustain/ bangsaonline

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Beragam kegiatan digelar siswa SMP Islam Walisongo Sidoarjo (Iswada) guna memperingati 10 November. Selain parade dan doa tahlil, siswa Iswada menggelar drama kolosal, Jumat (11/11). Kegiatan itu guna mengenang dan meneladani jasa para pahlawan.

Parade dimulai dari halaman gedung SMP Iswada dan berkeliling Perum Taman Pinang Indah dan berakhir di SMP Iswada. Siswa Berparade mengenakan kostum pejuang dan baju daur ulang. Parade juga diiringi musik patrol.

"Kami berharap masyarakat juga tahu jika SMP Iswada peduli dan mengisi kemerdekaan dengan kegiatan bermanfaat," cetus Wakil Kepala SMP Iswada, Zuhro Mukhlisa.

Guru agama SMP Iswada, Nur Mohammad Solichudin menambahkan, rangkaian upaya mengingatkan peran kaum santri dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan RI. "Pertempuran 10 Nopember 1945, yang diperingati sebagai , merupakan jihad kaum santri sebagaimana dimaklumatkan KH Hasyim Asy'ari melalui Resolusi Jihad NU 22 Oktober 1945,” bebernya.

Kata Nur Mohammad Solichudin, 10 November merupakan puncak dari konfrontasi bangsa Indonesia dengan kaum penjajah yang kembali ingin merampas kemerdekaan RI usai perang dunia kedua.

"Tanpa resolusi jihad NU, niscaya penjajah Belanda yang membonceng pasukan Sekutu akan bisa menguasai kembali bangsa Indonesia. Mobilisasi dan konsolidasi perjuangan melalui resolusi jihad NU inilah yang kemudian menunjukkan kepada dunia luar akan eksistensi kemerdekaan RI,” tandas Soleh, panggilan karib Nur Mohammad Solichudin.

Selain pawai, rangkaian kegiatan peringatan hari pahlawan SMP Iswada ini juga dimeriahkan drama kolosal yang mengambil lakon perjuangan Bung Tomo. Sedangkan tahlil bersama, digelar di Taman Makam Pahlawan, yang berlokasi tidak jauh dari gedung SMP Iswada.

Sementara, salah satu siswa SMP Iswada, Leony Putri P, mengaku mendapatkan banyak pengalaman dan kesan mendalam melalui kegiatan ini. ”Kita bisa merasakan dan mengambil hikmah melalui kegiatan peringatan ini,” cetus Leony. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO