Sabtu, 04 Juli 2020 19:12

Komplotan Pemalsu Emas di Pamekasan Diamuk Massa

Rabu, 09 November 2016 11:05 WIB
Editor: abdurrahman ubaidah
Wartawan: erric sugianto
Komplotan Pemalsu Emas di Pamekasan Diamuk Massa

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Komplotan pemalsu emas diamuk warga di Desa Badung Kecamatan Proppo Pamekasan Madura, setelah diketahui menggadaikan emas palsu dengan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP) milik warga setempat sebagai jaminan kepada pihak bank.

Empat komplotan tersebut adalah Sipak, Suyanto (38) warga Desa Gambirono Bangsal Sari Jember, Zainal Arifin (27) warga Desa Sukerjo Kecamatan Bangsal Sari Kabupaten Jember dan satu terduga pelaku lainnya bernama Maswi warga Desa Polalang Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep.

Peminjaman KTP warga tersebut melalui paman Sipak atas nama Mulani warga Desa Badung Kecamatan Proppo. Kemudian, Mulani yang meminjamkan KTP kepada para tetangganya.

Kapolsek Proppo, AKP Ali Akbar menjelaskan, sekitar satu bulan yang lalu, salah satu pelaku bernama Sifak (35) warga Kelurahan Manggisan Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember mendatangi pamannya bermana Mulani (50) di Desa Badung Kecamatan Proppo. Saat itu Sifak hendak meminjam Kartu Tanda Penduduk (KTP) milik pamannya tersebut sebagai jaminan untuk menggadaikan emas.

“Saat itu, pelaku menggadaikan emas kepada BMT cabang Proppo dengan perolehan uang Rp 20 juta. Beberapa hari kemudian, dia (Sipak) datang lagi ke rumah pamannya untuk pinjam KTP lagi, oleh pamannya (Mulani) dipinjamkan milik Rukibah, hasil gadainya mendapatkan uang Rp 23 juta,” ungkapnya.

"Terakhir dia datang ke rumah pamannya, Mulani. Oleh Mulani dipinjamkan KTP lagi milik Mannan untuk gadai emas di Bank Syari’ah Pamekasan dengan perolehan uang Rp 35 juta," imbuhnya.

Kemudian pinjam KTP lagi atas nama Misri melalui pamannya Mulani untuk gadai emas di sebuah bank di Kota Pamekasan. Tetapi rencana itu gagal lantaran diketahui oleh pihak bank bahwa emas yang hendak digadaikan adalah palsu,” terangnya panjang lebar.

Saat itulah, aksi penipuan yang dilakukan bersama tiga rekannya yang bernama Suyanto, Zainal Arifin (27) warga Desa Sukerjo Kecamatan Bangsal Sari Kabupaten Jember dan satu terduga pelaku lainnya bernama Maswi warga Desa Polalang Kecamatan Gapura Kabupaten Sumenep terhenti. Bahkan, sempat diamuk para pemilik KTP yang merasa tertipu atas kejadian ini.

Menurut Kapolsek, kalkulasi dari hasil menggadaikan emas palsu oleh para pelaku tersebut hingga mencapai Rp. 415.600.000, para pelaku di atas akan dijerat dengan pasal penipuan.

Berdasarkan hasil introgasi sementara, pemilik emas palsu bernama Suyanto (38)warga Desa Gambirono Bangsal Sari Jember tersebut mengakui jika emas yang digadaikan selama ini adalah palsu. Para pelaku saat ini tengah dilakukan penyelidikan di Mapolsek Proppo berikut barang bukti emas palsu sekitar 2 on untuk proses hukum lebih lanjut. (err)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Rabu, 01 Juli 2020 18:44 WIB
Oleh Fandi Akhmad Yani (Gus Yani)*Kring... Kring.. Kring.. "Hallo Pak Ketua". Terdengar suara lirih dari depan kantor DPRD Gresik saat saya keluar dari kantor. Adalah Mbah Amang Genggong. Sudah menjadi kebiasaannya setiap kali melintas di depan ged...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Jumat, 03 Juli 2020 22:23 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...