Intai Peluang, Wirausaha Bikin Alat Peraga Anatomi Moncer

Intai Peluang, Wirausaha Bikin Alat Peraga Anatomi Moncer suntoro saat mengecat alat peraga. foto: faratiti dewi/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com – Alat Peraga Suntoro, demikian namanya dikenal, yaitu sebagai alat peraga anatomi tubuh manusia, bikinan Sidoarjo. Kini, produk alat peraga Suntoro telah dipasarkan nyaris seluruh Indonesia.

“Kami membuat dalam jumlah banyak, kemudian kami kirim ke toko buku, dan toko alat peraga. Kemudian dari toko buku atau toko alat peraga dijual ke sekolah-sekolah seluruh Indonesia,” kata Suntoro (63).

“Usaha Home Industri Alat Peraga ini sudah berdiri pada tahun 1995. Karena memang saya sudah ada bakat untuk menjadi pengrajin. Kebetulan di Sidoarjo belum ada yang bikin, oleh karena itu saya membuka usaha ini,” kata Dia

Alat Peraga yang dibuat oleh Suntoro pun beragam ada organ manusia, organ hewan, globe, dan sebagainya.

Untuk memroduksi, Suntoro dibantu oleh 10 orang.

“Harga di sini harga pabrik, seperti organ manusia kami jual Rp 100 ribu. Kalau seluruh tubuh Rp 450 ribu. Kerangka manusia dijual Rp 350 ribu. Biasanya, harga di distributor bisa dua kali lipat dari harga kami.”

Kemampuan produksi Suntoro adalah 15-20 organ tubuh per minggu. Dalam 1 bulan omzetnya Rp 80 juta.

Bahan yang dibuat untuk membuat organ ini yaitu platik yang sudah dicetak sesuai organ-organ manusia seperti jantung, hati. Selanjutnya ada yang menggunakan fiber, dan yang terakhir di cat. (faratiti dewi/UTM)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO